GAMBARAN JUMLAH TROMBOSIT PADA SEDIAAN DARAH THROMBOCYTE CONCENTRATE (TC) SELAMA MASA SIMPAN 5 HARI

Rizkia Anggini, Wiwit Sepvianti, Meyta Wulandari

Abstract


Thrombocyte Concentrate (TC) merupakan salah satu produk darah yang berisi trombosit pekat hasil dari pemisahan darah lengkap atau trombofheresis. Produk TC direkomendasikan untuk meningkatkan trombosit pada indikasi yang ditunjukkan ke pasien terutama pada pasien trombositopenia hingga Demam Berdarah Dengue (DBD). Berbeda dengan produk darah lainnya trombosit hanya dapat disimpan selama 5 hari pada suhu 20-24ºC. Selain itu trombosit juga sensitif terhadap agregasi yang mengakibatkan hilangnya viabilitas sel, sehingga harus disimpan pada agitator. Agitasi trombosit juga mengurangi produksi laktat, dan meminimalisir penurunan pH. Tingginya produksi asam laktat dapat mengakibatkan perubahan kualitas produk TC. Terdapat 2 indikator penelitian pada ini yaitu untuk mengetahui gambaran jumlah trombosit dan kadar pH selama masa simpan 5 hari. Instrumen penelitian dilakukan dengan mengamati langsung dan mencatat hasil pemeriksaan menggunakan alat Hematology analyzer sysmex 800i dan pH meter. Hasil dari pemeriksaan jumlah trombosit mengalami peningkatan yang signifikan pada pemeriksaan hari ke-3 dan hari ke-5 sebanyak 6% dari pemeriksaan hari pertama. Sedangkan pada pengukuran pH terjadi penurunan 4% namun masih dalam batas normal sesuai dengan peraturan menteri kesehatan No. 91 tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Transfusi Darah dengan kadar pH normal > 6,4. Faktor yang mempengaruhi diantaranya tingginya produksi asam laktat karena metabolisme glukosa yang banyak digunakan oleh TC selama penyimpanan sehingga persediaan glukosa untuk trombosit berkurang. Dari pemeriksaan satu kantong produk TC disimpulkan bahwa jumlah trombosit mengalami peningkatan dan terjadi penurunan pH selama masa simpan 5 hari.


Keywords


Darah, Thrombocyte Concentrate, masa penyimpanan

Full Text:

PDF

References


. Anonim. 2015. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 91 Tentang Standar Pelayanan Transfusi Darah. Jakarta.: Kemenkes RI

. Apriliyani Risna, Nazaruddin Muhammad, Muhammad Arsyad. 2017. Perbedaan Jumlah Trombosit pada Darah Donor yang disimpan 2, 4, 6, 8 hari. Health Analyst Academy of Borneo Lestari Banjarbaru.

. Darmawan, A., Irawan, R, 2015, Mengenal CPOB untuk Produk Darah.Jambi Medical Journal, 3:111-118.

. Marpaung, elida, Vivi Steiawaty, Ni ken Ritchie, Ina S. Timan. 2015. Function and Platelet Count in thrombocyte concentrate (TC) during The storage. Health Science Journal of Indonesia. 6(1):48-51.

. Fitriyadi khairil dan Sutikno. 2016. Pengenalan Jenis Golongan Darah Menggunakan Jarigna Syaraf Tiruan Perception. Jurnal Masyarakat Informatika.7(1):2086-4930.

. Lestariyani, Ni Kadek, Sianny Herawati. 2017. Perbedaan Jumlah Trombosit Konsentrat Trombosit pada penyimpanan hari I. III, V di Unit Donor Darah PMI Provinsi Bali/RSUP Sanglah Denpasar. E-Jurnal Medika.6(3):2303-1395


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.