APLIKASI METODE ELIMINASI GAUSS-JORDAN UNTUK MENENTUKAN LABA MAKSIMUM KOPERASI SISWA SMK PGRI 1 JOMBANG

Ifa Andrika Ningsih, . Nurwiani

Abstract


Matematika merupakan salah satu ilmu yang memiliki peranan besar dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, salah satunya dapat diterapkan dalam bidang ekonomi. Bidang ekonomi tidak selamanya hanya diterapkan dalam ruang lingkup masyarakat tetapi juga dapat diterapkan dalam ruang lingkup pendidikan. Salah satu contoh penerapan matematika dalam bidang ekonomi adalah perhitungan laba maksimum pada koperasi siswa dengan menggunakan metode eliminasi Gauss-Jordan. Maka  tujuan dari penelitian ini untuk mencari laba maksimum pada koperasi siswa menggunakan salah satu ilmu dari matematika yaitu eliminasi Gauss-Jordan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.Data yang dianalisis adalah hasil wawancara dengan informan, observasi langsung di koperasi siswa, dan dokumentasi dari arsip pembukuan pada koperasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan eliminasi Gauss-Jordan untuk mencari laba maksimum pada koperasi siswa di SMK PGRI Jombang adalah efektif. Karena dengan menggunakan penerapan tersebut dapat diketahui barang-barang yang dijual lebih banyak agar mendapat laba yang maksimum sehingga sehingga akan memudahkan pihak sekolah khususnya pada koperasi siswa tersebut dalam pemilihan barang-barang yang dijual. Dari hasil perhitungan didapatkan laba maksimum sebesar Rp. 74.609.468.


Keywords


Eliminasi Gauss-Jordan, Laba Maksimum, Koperasi Siswa

Full Text:

PDF

References


. Arifin, I. danWagiana, G.H. (2007).Membuka Cakrawala Ekonomi. Bandung, Indonesia: PT. SetiaPurnaInves. (online).

. https://books.google.co.id/books?id=c_2ivoTSvjsC&pg=PR2&dq=membuka+cakrawala+ekonomi+imamul+dan+giana&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjH9bySj_HeAhWMpo8KHcmbB70Q6AEIKDAA#v=onepage&q=membuka%20cakrawala%20ekonomi%20imamul%20dan%20giana&f=false, di unduh 30 Oktober 2018.

. Bumolo, H. dan Djoko M. (2001). Matematika untuk Ekonomi dan Aplikasinya. Surabaya, Indonesia: Bayumedia Publising.

. Kalangi, J.B. (2005). Matematika Ekonomi & Bisnis. Jakarta, Indonesia: SalembaEmpat.

. Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, Indonesia: PT RemajaRosdakarya.

. Raco, J.R. (2010). Metode penelitian kualitatif jenis, karakter, dan keunggulannya.Jakarta, Indonesia: PT. GramediaWidiasarana.

. Riyanti, H.E. (2008). Matematika Ekonomi dan Bisnis 2. Jakarta, Indonesia: PT Grasindo.

. Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Indonesia: ALFABETA, cv


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.