KAJIAN PENERAPAN ALGORITMA WELCH-POWELL PADA PERMASALAHAN PENJADWALAN PELAJARAN DI SMK

Roudhotul Jannah, . Nurwiani

Abstract


Matematika memiliki peranan penting bagi kehidupan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak terlepas dari adanya campur tangan matematika. Dalam ilmu matematika terdapat banyak cabang yang mempunyai banyak manfaat salah satunya adalah teori graph. Salah satu aplikasi teori graph yang dapat diterapkan dalam dunia pendidikan adalah penjadwalan pelajaran menggunakan pewarnaan graph. Pewarnaan graph terdiri dari tiga bagian yaitu pewarnaan titik, pewarnaan sisi dan pewarnaan region. Pewarnaan titik graph adalah teknik mewarnai titik-titik pada graph sehingga tidak ada titik-titik yang bertetangga yang saling berhubungan dengan minimal sebuah sisi memiliki warna yang sama.Teknik pewarnaan titik graph dapat diaplikasikan dalam penjadwalan pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, dan pengamatan. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara dengan informan, angket yang didiisi oleh guru, dan pengamatan/observasi pembagian jam mengajar guru.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Algoritma Welch-Powell dapat digunakan untuk menyusun desain jadwal pelajaran di SMK Tarbiyatunnasyi’in Diwek Jombang. Karena dengan menggunakan penerapan metode tersebut jadwal pelajaran tidak mengalami tumpang tindih sehingga kegiatan belajar tidak terganggu dengan adanya perubahan jadwal sewaktu-waktu.


Keywords


Penerapan, Algoritma Welch-Powell, Penjadwalan Pelajaran

Full Text:

PDF

References


. Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta. PT Rineka Cipta.

. Budayasa, K. (2007). Teori Graph dan Aplikasinya. Surabaya: UNESA University Press.

. Hidayati, N. (2013). Penjadwalan Produksi Manufaktur. Malang: Deepublish. (online). http://eprints.umm.ac.id/36017/3/jiptummpp-gdl-nurdiekapr-48587-3-babii.pdf (di akses pada 16 April 2019)

. Kesewo, B. (2011). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Deepublish. (online). http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf (di akses pada 15 Januari 2019)

. Lestari. W. (2013). Aplikasi Pewarnaan Graph Utuk Penjadwalan Kuliah di STIE AL-ANWAR Mojokerto Dengan Metode Algoritma Welch Powell. Jombang:STKIP PGRI Jombang

. Lipschutz. S. (2002). Matematika Diskrit Jilid 2. Jakarta: Salemba Teknika.

. Moleong, L. (2011). Metodologi Penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

. Pinedo, H. (2002). Penjadwalan listrik. Surabaya: Deepublish. (online). (http://e-journal.uajy.ac.id/7239/4/3TI04609.pdf (di akses pada 16 April 2019)

. Riastari, D. (2012). Aplikasi Pewarnaan Sisi Pada Graph Terhadap Penjadwalan Kuliah Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang Tahun Ajaran 2011/2012. Jombang:STKIP PGRI Jombang

. Saiful, A. (2014). Definisi Waktu Belajar dan Fungsi Jadwal Pelajaran. Malang Online: http://journal.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan/article/viewFile/3020/404 (diakses pada 25 April 2019)

. Suherman, E (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kotemporer. Bandung: JICA

. Uno B, Hamzah.2014. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.