RANCANG BANGUN MEDIA TRAINER PENGENDALI MOTOR 3 PHASA BERBASIS PORTABEL TERHADAP PSIKOMOTOR MAHASISWA

Hisbulloh Ahlis Munawi, Elsanda Merita Indrawati, Agus Suwardono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini, yaitu: (1) mengetahui rancang bangun dan sistem kerja media pembelajaran trainer pengendali motor 3 phasa berbasis portabel; (2) mengetahui kualitas media trainer pengendali motor 3 phasa berbasis portabel; (3) mengetahui keefektifan media pembelajaran trainer pengendali motor 3 phasa berbasis portabel terhadap hasil belajar ranah psikomotor mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Postest desain. Pengujian dilakukan melalui 2 jenis pengujian, yaitu pengujian teknik, pengujian fungsi dan unjuk kerja. Validasi media pembelajaran dilakukan oleh 3 validator yang merupakan dosen teknik elektro Universitas Nusantara PGRI Kediri. Hasil belajar ranah psikomotor didapatkan melalui tes kinerja yang terdiri dari 10 butir tes kinerja yang dianalisis menggunakan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rancang bangun dan sistem kerja media pembelajaran trainer pengendali motor 3 phasa berbasis portabel menunjukkan hasil yang baik; (2) kualitas media pembelajaran trainer pengendali motor listrik 3 phasa berbasis portabel menunjukkan kualitas media yang sangat baik; dan (3)  media pembelajaran trainer pengendali motor listrik 3 phasa berbasis portabel efektif untuk meningkatkan hasil belajar ranah psikomotor, dimana hasil belajar ranah psikomotor meningkat dengan kategori tinggi setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran trainer pengendali motor listrik 3 phasa berbasis portabel

Keywords


hasil belajar ranah psikomotor, media pembelajaran, trainer pengendali motor listrik 3 phasa berbasis portabel

Full Text:

PDF

References


. Syahrul, C. (2011). Pengembangan Alat Bantu Baca Bagi Tunanetra Berbasis Jaringan Komputer, Jurnal Teknik Komputer 19 (1): 37-49.

. Azhar Arsyad. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R n D. Bandung: Alfabeta.

. Hake.2007. Design-BasedResearchinPhysicsEducation Research.: NSF Grant DUE.

. IEEE Committee. (1975). Graphic Symbols for Electrical and Electronics Diagrams. IEEE. New York.

. Muslim, S. (2013). Tes Kinerja (Performance Test) Dalam Bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. In Prosiding Seminar Teknik Elektro dan Pendidikan Teknik Elektro (STE 2013) (pp. 11–17). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



slot gacor 2024

jambislot

kelas99

 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

slot

slot