RANCANG BANGUN MEDIA TRAINER PENGENDALI MOTOR 3 PHASA BERBASIS PORTABEL TERHADAP PSIKOMOTOR MAHASISWA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini, yaitu: (1) mengetahui rancang bangun dan sistem kerja media pembelajaran trainer pengendali motor 3 phasa berbasis portabel; (2) mengetahui kualitas media trainer pengendali motor 3 phasa berbasis portabel; (3) mengetahui keefektifan media pembelajaran trainer pengendali motor 3 phasa berbasis portabel terhadap hasil belajar ranah psikomotor mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Postest desain. Pengujian dilakukan melalui 2 jenis pengujian, yaitu pengujian teknik, pengujian fungsi dan unjuk kerja. Validasi media pembelajaran dilakukan oleh 3 validator yang merupakan dosen teknik elektro Universitas Nusantara PGRI Kediri. Hasil belajar ranah psikomotor didapatkan melalui tes kinerja yang terdiri dari 10 butir tes kinerja yang dianalisis menggunakan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rancang bangun dan sistem kerja media pembelajaran trainer pengendali motor 3 phasa berbasis portabel menunjukkan hasil yang baik; (2) kualitas media pembelajaran trainer pengendali motor listrik 3 phasa berbasis portabel menunjukkan kualitas media yang sangat baik; dan (3) media pembelajaran trainer pengendali motor listrik 3 phasa berbasis portabel efektif untuk meningkatkan hasil belajar ranah psikomotor, dimana hasil belajar ranah psikomotor meningkat dengan kategori tinggi setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran trainer pengendali motor listrik 3 phasa berbasis portabel
Keywords
hasil belajar ranah psikomotor, media pembelajaran, trainer pengendali motor listrik 3 phasa berbasis portabel
Full Text:
PDFReferences
. Syahrul, C. (2011). Pengembangan Alat Bantu Baca Bagi Tunanetra Berbasis Jaringan Komputer, Jurnal Teknik Komputer 19 (1): 37-49.
. Azhar Arsyad. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R n D. Bandung: Alfabeta.
. Hake.2007. Design-BasedResearchinPhysicsEducation Research.: NSF Grant DUE.
. IEEE Committee. (1975). Graphic Symbols for Electrical and Electronics Diagrams. IEEE. New York.
. Muslim, S. (2013). Tes Kinerja (Performance Test) Dalam Bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. In Prosiding Seminar Teknik Elektro dan Pendidikan Teknik Elektro (STE 2013) (pp. 11–17). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services