NILAI-NILAI SOSIAL DAN NILAI-NILAI RELIGI PADA UPACARA ADAT KUNGKUM SINDEN DI DESA MADE KUDU JOMBANG

Ainun Nadhifah

Abstract


Upacara adat kungkum sinden adalah suatu upacara adat/tradisi yang lahir dari cerita rakyat yang tumbuh dan berkembang sampai saat ini. Selain itu juga memang ada runtutan kesejarahan sehingga banyak yang masih meyakini hingga saat ini meskipun perkembangan zaman semakin maju masyarakat made masih meyakini dan melastarikannya. Ritual adat tersebut setiap tahunnya dilaksanakan oleh masyarakat desa made sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur. Ritual adat tersebut dilaksanakan pada setiap bulan sebelah yang diyakini masyarakat desa made sebagai bulan penuh rahmat. Tradisi upacara kungkum sinden  merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat  Desa  Made  Kecamatan  Kudu Kabupaten Jombang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui komponen nilai-nilai sosial dan komponen nilai-nilai religi  dari upacara adat kungkum sinden. Alasan pemilihan topik karena kajian tentang sosial dan religi dalam upacara adat kungkum sinden menarik untuk dibahas di era globalisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan melekukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik triangulasi sumber hasil dari penelitian ini diketahui dalam upacara adat kungkum sinden terdapat 5 komponen nilai sosial yaitu: nilai religi, nilai gotong royong, nilai moral, nilai silaturahmi, dan nilai estetika dan 5 komponen nilai religi yaitu : emosi keagamaan, sistem keyakinan, sistem ritual dan upacara adat, peralatan ritual dan upacara, serta umat agama

Keywords


Kungkum sinden, nilai-nilai sosial, nilai-nilai religi

Full Text:

PDF

References


] Brata, Diah Puji Nali. 2018. Konsep paud alam sebagai upaya pemberdayaan masyarakat. publishing-widyagama.ac.id Diakses tanggal 27 Agustus 2019.

] Dwi Maryati, Wiwi (2015) nilai-nilai sosial tari jodhangan pada upacara adat merti dusun, di dusun jolosutro, kelurahan srimulyo, kecamatan piyungan, kabupaten bantul. https://eprints.uny.ac.id/21407/ Diakses tanggal 27 Agustus 2019.

] Masturina amalia. 2016. Sendang made (Studi deskriptif tentang makna sendang made bagi masyarakat desa made di kecamatan Kudu Jombang). (Online). Repository.unair.ac.id/45192.pdf. (diakses pada 23-05-2019)

] Nasution. 2017. Sistem kepercayaan religi. (Online). Staff.ui.ac.id/system/files/users/darmoko/material/sistemreligi.pdf. (diakses pada 11-07-2019)

] Pratiwi, ayu. 2017. Harai: Telaah Konsep Religi Koentjaraningrat. (Online). https://jurnal.unair.ac.id/download-fullpapers-jplg3db990f80afull.pdf (diakses pada 23-05-2019)

] Wardani. 2017. Nilai-nilai religius yang terkandung dalam tradisi perkawinan adat jawa (studi kasus desa cerme kecamatan pace kabupaten nganjuk). (Online). Simki.unpkediri.ac.id.pdf. (diakses pada 10-06-2019)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.