FAKTOR-FAKTOR SOSIAL YANG MEMPENGARUHI EKSISTENSI KESENIAN KARAWITAN DI DESA MADE KECAMATAN KUDU KABUPATEN JOMBANG

Siti Nur Qomariyah

Abstract


Kesenian tradisional merupakan produk dari kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat tertentu. Kesenian tradisional sangat banyak macamnya, salah satunya kesenian karawitan. Kesenian tradisional yang dimiliki menjadi ciri khas suatu bangsa dan wajib untuk terus dijaga kelestariannya agar tidak punah dan hilang oleh perkembangan zaman. Pentingnya pembahasan mengenai topik kesenian terutama karawitan supaya masyarakat lebih menyadari akan pentingnya menjaga kelestarian kesenian sehingga tidak tergantikan dengan budaya-budaya baru dari barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan eksistensi kesenian karawitan serta faktor-faktor sosial yang mempengaruhi eksistensi kesenian karawitan di desa Made. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Hasil dari penelitian ini, diketahui bahwa eksistensi dapat dilihat dari rendahnya respon masyarakat desa Made untuk upaya pelestarian kesenian karawitan dan tidak adanya pengakuan mengenai kepemilikan kesenian karawitan yang ditandai dengan sikap acuh tak acuh terhadap perkembangan kesenian karawitan. Selain itu, faktor-faktor sosial yang mempengaruhi eksistensi kesenian karawitan yaitu kurangnya minat generasi penerus dari desa Made guna melestarikan kesenian karawitan, kurangnya kesadaran masyarakat akan kepemilikan kesenian karawitan sebagai suatu kekayaan budaya, dan kurangnya perhatian khusus berupa kebijakan-kebijakan dari pemerintah daerah terhadap upaya pelestarian kesenian karawitan. Upaya menjaga kelestarian tradisional sangatlah penting supaya tidak tergantikan oleh zaman dan tetap menjadi kekayaan budaya yang dimiliki oleh masyarakat.

Keywords


desa Made,karawitan , kelestarian, kesenian

Full Text:

PDF

References


. Fuad, Figur Rahman. 2015. Wayang Onthel Komunitas Old Bikers Velocipede Old Classic (VOC) Magelang. (Online), (https://www.journal.ugm.ac.id/jks/article/view/11641). Diakses tanggal 10 Juni 2019.

. Majid, Abdul. 2015. Eksistensi, Bentuk Penyajian dan Fungsi Kesenian Tradisional Orek-orek di Kabupaten Jombang. (Online), (http://lib.unnes.ac.id/22035/1/2501914017-S.pdf). Diakses tanggal 18 Juni 2019.

. Masyhuril, Sigit. 2008. Perubahan Apresiasi Masyarakat terhadap Kesenian Tradisional. (Online), (http://digilib.uin-suka.ac.id/1718/1/BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf). Diakses tanggal 01 April 2019.

. Rahayu, Eko Budi. 2015. Eksistensi Kesenian “Cepetan Alas Cinta Karya Budaya” di Dusun Karangjoho desa Karanggayam Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Timur. (Online), (https://eprints.uny.ac.id/16256/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf). Diakses tanggal 17 Juni 2019.

. R.M, Andri Laura. 2016. Seni Pertunjukan Tradisional di Persimpangan Zaman: Studi Kasus Kesenian Menak Koncer Sumowono Semarang. (Online), (https://media.neliti.com/media/publications/62291-ID-seni-pertunjukan-tradisional-di-persimpa.pdf). Diakses tanggal 17 Juni 2019.

. Sulistyowati, Mudji dan Oksiana Jatiningsih. 2013. Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Karawitan untuk Mengembangkan Sikap Kebersamaan Siswa di SMPN 1 Tarik Sidoarjo. (Online), (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/download/2660/1589). Diakses tanggal 18 Juni 2019.

. Wadiyo. 2006. Seni sebagai Sarana Interaksi Sosial. (Online), (https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/download/771/703). Diakses tanggal 01 April 2019.

. Brata, Diah Puji Nali. 2005. Penataan PKL: Antara Kondisi Sosial Ekonomi dan Aspirasi (Studi tentang Penataan PKL di Wilayah Pasar Tanjung Kota Mojokerto). (Online),(http://scholar.google.com/scholar?cluster=16020804934024057358&hl=en&oi=scholarr). Diakses tanggal 27 Agustus 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.