PERBEDAAN KARAKTER ANTARA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI DENGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA (di STKIP PGRI Jombang)

Evi Kurnia Laeli, Rahayu Prasetiyo

Abstract


Pendidikan karakter sangat penting untuk pelajar Indonesia. Diharapkan dunia pendidikan menjadi motor penggerak. Karakter bangsa merupakan aspek penting untuk menunjang kualitas SDM karena kualitas karakter dari bangsa menentukan kemajuan suatu bangsa. Sebagai mahasiswa dengan jurusan pendidikan jasmani, tentunya banyak terkandung nilai-nilai positif yang bisa mempengaruhi pembentukan karakter individu yang tertanam didalamnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan karakter antara mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, karakter tersebut meliputi peduli, tanggungjawab, kejujuran dan fair. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian perbandigan (comperative research), teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 120 mahasiswa yaitu terdiri dari 60 mahasiswa Pendidikan Jasmani dan 60 mahasiswa matematika. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Penelitian ini menggunakan teknik analisis paired sample t-test  pada taraf signifikansi 0.05 dengan bantuan program komputer SPSS 20.0 for windows. pengujian hipotesisi adalah jika (Ho) ditolak nilai Sig (2-tailed) < 0.05.Hasil analisis menggunakan paired sample t-test  (1) tidak terdapat perbedaan karakter peduli mahasiswa pendidikan jasmani dengan mahasiswa pendidikan matematika dengan Sig (2-tailed) 0,587. (2) ada perbedaan karakter tanggungjawab mahasiswa pendidikan jasmani dengan mahasiswa pendidikan matematika dengan Sig (2-tailed) 0,038. (3) tidak terdapat perbedaan karakter kejujuran mahasiswa pendidikan jasmani dengan mahasiswa pendidikan matematika dengan Sig (2-tailed) 0,069. (4) tidak terdapat perbedaan karakter peduli mahasiswa pendidikan jasmani dengan mahasiswa pendidikan matematika dengan Sig (2-tailed) 0,116.


Keywords


Karakter, sikap peludi, sikap tanggungjawab, sikap kejujuran, sikap fai.

Full Text:

PDF

References


. Azzet, A. M. (2011). Pendidikan Karakter di Indonesia. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

. Kurniawan, S. (2016). Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

. Maksum, A. (2011). Psikologi Olahraga Teori dan Aplikasi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

. Maksum, A. (2012). Metodologi penelitian dalam olahraga. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

. Maksum, A. (2017). Riset Karakter dalam Pendidikan Jasmani. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

. Prasetiyo, R. (2013). Perbedaaan Kerakter Antara Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga dengan Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Umum. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

. Sada, Clarry. (2011). Pengembangan Model Integrasi Nilai-Nilai cinta dalam Pembelajaran Bahasa Untuk Membentuk sikap Kebersamaan. Pontianak: Universitas Pendidikan Indonesia.

. Sugilar, Kariadinata, dkk. (2018). Membangun karakter mahasiswa melalui nilai-nilai matematika. Kota Bandung: Jurnal Matematika dan Pembelajaran.

. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

. Sukarmin. (2010). Aktualisasi nilai-nilai olahraga sebagai upaya membangun karakter bangsa. Yogyakarta: Cakrawala Pendidikan.

. Thomas, L. (1991). Educating for Character. How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.