ANALISIS PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP PRICE EARNING RATIO PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Onny Purnamayudhia

Abstract


Penelitian   ini  bertujuan   untuk   menganalisis pengaruh Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Price Earning Ratio pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.  Rasio Keuangan merupakan bagian dari analisis bisnis atas prospek dan risiko perusahaan untuk kepentingan pengambilan keputusan dengan menstrukturkan tugas analisis melalui evaluasi atas bisnis lingkungan perusahaan, strateginya, serta posisi dan kinerja keuangannya. Price Earning Ratio ini merupakan rasio yang sering digunakan untuk mengevaluasi investasi prospektif. Jumlah Sampel penelitian yang digunakan adalah sebanyak 10 Perusahaan Manufaktur selama periode tahun 2015 s/d. 2018. Dalam penelitian ini variabel yang digunakan adalah variabel bebas yaitu current ratio (CR), debt to equity ratio (DER), dan variabel terikat yaitu price earning ratio (PER). Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara simultan dan secara parsial Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER) mempunyai  pengaruh   yang   signifikan   terhadap   Price   Earning   Ratio  perusahaan Manufaktur. Sedangkan untuk hasil analisis rasio keuangan menunjukkan Variabel Current Ratio Perusahaan dalam kondisi Likuid dan Variabel Debt to Equity Ratio dalam keadaan Solvabel. Penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi para investor dalam rangka berinvestasi pada perusahaan manufaktur.


Keywords


CR, DER, PER, Manufaktur, Likuid, Solvabel

Full Text:

PDF

References


. Bambang Subroto. 2011. Analisis Laporan Keuangan, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

. Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

. Munawir, S. 2010. Analisis Laporan Keuangan Konsep dan Aplikasi, Penerbit UPP. AMP YKPN, Yogyakarta.

. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

. Subramanyam. K. R dan John J. Wild. 2014. Analisa Laporan Keuangan. Penerjemah Dewi Y. Jakarta : Salemba Empat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.