ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SATE AYAM ‘AREMA’ JOMBANG

Miftakhul Islamiah, Nanik Sri Setyani

Abstract


Subyek penelitian ini adalah pedagang sate di dusun Babatan desa Kepuhkembeng yaitu sate ayam ‘Arema’. Usaha ini tergolong baru , namun mampu bersaing dengan pedagang sate lainnya. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengidentifakasi dan menganalisis SWOT (Strenghtss, Weaknesses, Opportunities, Threats) pada pedagang sate ayam ‘Arema’ (2) merumuskan strategi pengembangan melalui analisis SWOT. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.Metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah melalui wawancara dan observasi. Alat analisis yang digunakan dalam merumuskan strategi pengembangan pedagang sate ayam ‘Arema’  adalah matriks SWOT dan matriks IFAS, EFAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwapedagang sate ayam ‘Arema’ menggunakan strategi pertumbuhan agresif yaitu strategi SO (Strenghts-Opportunities) melalui mengoptimalkan pelayanan konsumen dengan menyediakan sistem pembelian atau pesanan melalui teknologi komunikasi via SMS atau whatsapp serta menambah jumlah produksi terutama pada kondisi tertentu. Hal ini dikarenakan masyarakat saat ini lebih memilih penyajian/pembelian yang praktis

Keywords


Strategi, Analisis SWOT, IFAS, EFAS

Full Text:

PDF

References


. Cahyani, Lilis. (2012). Strategi Pengembangan Usaha Kecil Susu Murni Kakilima di Jalan Dr. Mansyur Simpang Lampu Merah. Skripsi tidak diterbitkan. Medan, Indonesia : Universitas Sumatra Utara.

(http://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/2745/120907047.pdf?sequence=), diunduh 31 Oktober 2018.

. Hunger, J. David dan Thomas L. Wheelen. (2003). Manajemen Strategis. Yogyakarta, Indonesia : Andi Yogyakarta.

. Rangkuti, Freddy. (2011). SWOT Balanced Scorecard (Teknik Menyusun Strategi Korporat yang Efektif Plus Cara Mengelola Kinerja dan Resiko). Jakarta, Indonesia : PT Gramedia Pustaka Utama. IPUSNAS, (Online), (http://play.google.com/store/apps/details?id=mam.reader.ipusnas&hl=in&referrer=utm) , diunduh 28 Desember 2018.

. Sugiyono (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif ,Pendekatan Kualitatif dan R&D. Bandung, Indonesia : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.