ANALISIS FAKTOR BUDAYA,SOSIAL,PRIBADI, DAN PSIKOLOGI DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN DI BRAVO SWALAYAN JOMBANG

Dwi Novita Sari, Yulia Effrisanti

Abstract


Persaingan swalayan di Jombang semakin ketat, baik untuk swalayan kecil maupun swalayan besar. Hal ini menyebabkan banyak swalayan terutama swalayan besar sepi pengunjung. Namun Bravo Swalayan tetap memiliki banyak pengunjung. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor mana (faktor budaya sosial,pribadi,dan psikologi) yang mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian di bravo swalayan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan analisis faktor (analisis jalur). Jumlah responden sebanyak 100 orang,  dipilih secara kebetulan (accidental sampling). Hasil penelitian menunjukkan terdapat 2 faktor yang berpengaruh yaitu faktor psikologis dan faktor sosial. Dengan demikian bisa disimpulkan faktor yang dominan mempengaruhi konsumen untuk berbelanja di Bravo Swalayan adalah faktor psikologis yang terdiri dari faktor persepsi dan gaya hidup, serta faktor sosial yang terdiri dari faktor sub budaya dan kelompok referensi. Bravo swalayan diharapkan lebih memperhatikan faktor persepsi, gaya hidup, sub budaya dan kelompok referensi untuk bisa mempertahankan atau meningkatkan jumlah konsumen

Keywords


budaya, sosial, pribadi, psikologi, keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


. Anita, Efi. 2012. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Pada Minimarket As Gross Ar Royyan Di Surakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

. Bahari, Andi Faisal dan Ashoer, Muhammad, 2018, Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata, Jurnal manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS) Vol.5,No.1,(Januari-Juni)2018, 69-78, http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/minds/article/4839-11381-2-PB.pdf, diakses 8 Agustus 2019

. Bungin, Burhan. 2011.Manajemen Pemasaran.Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

. Destian, Surya. 2017. Pengaruh Perilaku Konsumen (Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologis) Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Situs Modifikasi.Com di Kota Bandung. E-Proceeding of Management: Vol.4 No.3, 2434-2441, http://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/17.04.2339_jurnal_eproc.pdf, diakses 8 Agustus 2019

. Ghoni, Abdul dan Bodroastuti,Tri. 2017. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologi Terhadap Perilaku Konsumen (Studi Pada Pembelian Rumah di Perumahan Griya Utama Banjardowo Semarang), http://jurnal.widyamanggala.ac.id/index.php/wmweb/article/70-203-1-PB.pdf, diakses 8 Agustus 2019

. Kotler,Philip dan Keller,K. 2008.Manajemen Pemasaran.Jakarta: Erlangga.

. Merlyn, Karuntu dan Kantohe, Juntrianto, 2014, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Berbelanja Pada Fiesta Pasar Swalayan Manado, Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(1), (Online), (https://scholar.google.co.id), diakses 11 Oktober 2018

. Sugiyono, 2010.Statistika Untuk Penelitian.Bandung: Alfabeta.

. Tina, Lisa. 2012.Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Berbelanja Pada Swalayan 999 Pekanbaru. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Negeri Sultan Syarif.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.