PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN HOME INDUSTRI PANGESTU DI DESA BADAS SUMOBITO

Lailatul Fitriani, Roy Wahyuningsih

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Home Industri Pangestu yang berlokasi  diBadas, RT/RW 04/03,  Desa Badas, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang,merupakan Usaha yang bergerak dibidang Makanan. Adapun permasalahan yang ada di home industri tersebut adalah  banyaknya persaingan kualitas produk tahu antara penjual tahu satu dengan penjual tahu lain yan ada di pasar untuk itu pemilik industri ini memiliki ide untuk membuat produk yang berbeda dari tahu biasannya, home industri pangestu ini membuat produk yaitu tahu susu dengan bahan baku yang bagus sehingga dapat menciptakan produk berkualitas dan memberikan kepuasan pada pelanggan.Kondisi dilapangan berdasarkan fakta yang ada yaitu terjadi banyak pesaing antara pemilik home industri dapat dilihat dari segi kualitas produk maupun kualitas layanan sehingga seluruh pemilik home industri ini bersaing dalam mempertahankan kualitas produknya dengan cara menjaga kualitas rasa, tampilan produk, sedangkan dari kualitas layanan dilakukan dengan cara memberikan kepercayaan kepada pelanggan dalam hal pembayaran setelah produk tersebut terjual semua, ada juga home industri melakukan sistem pembayaran secara langsung tanpa menunggu produk tersebut tejual semua. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode statistik kuantitatif dengan menggunakan uji regresi  linier berganda yang dilakukan dengan cara mengumpulkan, menyusun, dan menganalisis data yang ada dalam bentuk angka dengan tujuan untuk menggambarkan dengan menyimpulkan hasil penelitian tentang pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanngan Home Industri Pangestu.Hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, dibuktikan dengan nilai signifikan 0,033<0,005, terdapat pengaruh yang signifikan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, dibuktikan dengan nilai signifikan 0,036<0,005 dan pengaruh yang signifikan kualitas produk dan kualitas layanan  terhadap kepuasan pelanggan, dibuktikan dengan nilai signifikan 0,000<0,005 dengan nilai koefisien determinasi 0,460 artinya berpengaruh sebesar 46,0%. Jadi dapat disimpulkan bahwa Kualitas Produk dan kualitas Layanan berpengaruh terhadap variabel Kepuasan Pelanggan  Home Industri Pangestu di Desa Badas Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang.


Keywords


Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


. Ayu Titissari,2017 Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Pos Indonesia (Persero) Kediri, (Online). di akses pada 10 November 2018.

. Sulistyaningrum Utami, 2014. Pengaruh Kualitas Produk Dan Layanan Terhadapkepuasan Konsumen Di Restorankoki Tappanyaki Express, (Online),https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://eprints.uny.ac.id/42702/1/Utami%2520Sulistyaningrum%252010511244021.pdf&ved=2ahUKEwjilqXiz7jiAhUUiOYKHcaoC8oQFjABegQICBAI&usg=AOvVaw1GYWSy-Pb26eXBXVA6C6Pf di akses Pada 26 Mei 2018.

. Puspitasari Linda, 2016 Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus Waroeng Spesial Sambal “SS” Purwakerto), (Online), http://repository.iainpurwokerto.ac.id/667/1/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf di akses Pada 15 Mei 2018.

. J.J. Lenzun., J.D.D. Massie., D.Adare.,2014, Pengaruh Kualitas Produk; Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel, Jurnal EMBA 1237 Vol.2 No.3 September 2014, Hal. 1237-1245. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.