HUBUNGAN RESPON SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PADA METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING BERBANTU ALAT PERAGA KLINOMETER

Vemi Ayu Amalia, Nurwiani Nurwiani

Abstract


Respon siswa adalah reaksi atau tangggapan siswa pada pembelajaran yang telah dilakukan dengan menggunakan metode outdoor learning dan alat peraga klinometer. Hal ini menunjukkan sejauh mana keberhasilan proses pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru dalam menyampaikan ilmu pada kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya proses pembelajaran yang baik, maka akan tercipta keberhasilan siswa dalam belajar. Sedangkan hasil belajar dipengaruhi oleh kualitas cara proses pembelajaran. Pada penelitian ini metode pembelajaran yang digunakan adalah metode outdoor learning berbantu alat perga klinometer dimana pembelajaran yang mengajak siswa belajar diluar kelas dengan harapan dapat membangun struktur kognitif yang berkesan lama dalam ingatan dan siswa dapat memperoleh suasana baru yang dapat membuat mereka lebih fun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan respon siswa terhadap hasil belajar pada metode pembelajaran outdoor learning berbantu alat peraga klinometer. Jenis penelitian ini adalah Corelation Experimental dengan desain yang digunakan adalah One Shot Case Study yaitu sebuah eksperimen yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding dan juga tanpa tes awal. Berdasarkan hasil analisis dengan pengujian uji korelasi yang diperoleh menggunakan SPSS for windows versi 20.0 menunjukan bahwa “nilai . Sehingga tolak artinya Ada hubungan respon siswa terhadap hasil belajar pada metode pembelajaran outdoor learning berbantu alat peraga klinometer, dengan nilai  yang mana menunjukan kisaran korelasi yang sangat kuat.


Keywords


Hasil Belajar, Respon , Outdoor learnig, Klinometer

Full Text:

PDF

References


. Widiasworo (2017) Strategi dan metode mengajar siswa di luar kelas (outdoor learning) secaraaktif, kreatif, Inspiratif, & komutikatif.

. Susanto.(2018).Belajar Tuntas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

. Rahayu.(2014), Respon Siswa Tentang Proses Pembelajaran Learning By Doing di Sekolah Islam Terpadu Insan Bandar Lampung (http://diilib.unila.ac.id/5038/# ) diakses 25 Juni 2020.

. Kusuma.(2017).Respon Siswa terhadap Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pencemaran Lingkungan Dikelas X SMA. Pontianak: Universitas Tangjungpura ,(https://media.neliti.com) diakses 25 juni 2020.

. Sudjana.(2010). Penilaian Hasil Proses Belajar MengajarBandung : PT Remaja Rosda karya.

. Husamah.(2013).Pembelajaran luar kelas outdoor learning. Jakarta : Prestasi Pustakarya.

. Putra. (2012). Berbagai Alat Bantu untuk Memudahkan Belajar Matematika. Yogyakarta: Diva Press.

. Arikunto,S.(2010).Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

. Noor . (2011). Metodologi Penelitian.Jakarta: Kecana Prenada Media Group


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.