PERAN PENGASUH ANAK DALAM KECANDUNAN GATGET PADA ANAK PRA SEKOLAH

Sylvie Puspita, Najah Soraya Nia

Abstract


Gadget merupakan salah satu faktor yang mempengarui pertumbuhan dan perkembangan anak. Tidak bisa dipungkiri perkembangan tehnologi membawa kita sebagai orang tua harus pandai dan bisa memilah kapan waktunya memberikan gadget kepada anak. Alasan orang tua dalam memberikan gadget pada anaknya adalah anak menangis dan rewel karena tidak diberikan gadget hal ini membuat orang tua terutama ibu tidak bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga merupakan masalah yang banyak terjadi di masyarakat.  Tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan peran pengasuh dengan kecanduan gadget anak di TK al munawaroh dan Tk AL Ikhlas Pamekasan Madura. Metodologi yang digunakan dalam Penelitian ini merupakan observasional analitik dengan menggunakan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian 270 pengasuh dari siswa atau siswi di TK almunawaroh dan AL Ikhlas dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yang berjumlah 50 pengasuh. Instrumen yang digunakan adalah kuisoner kecanduan gadget. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil ada Hubungan antara peran pengasuh dengan kecanduan gadget pada anak pra sekolah hal ini dibuktikan dengan nilai p < 0.05 yaitu nilai p 0.041. Adanya fasilitas gadget yang dikasihkan oleh orang tua kepada anak pra sekolah merupakan faktor yang mempengarui kecanduan gadget pada anak. Hal ini karena usia pra sekolah belum saatnya diberikan gadget hal ini karena gatget menimbulkan dampak pada anak yaitu hanya bisa berkomunikasi satu arah

Keywords


Kecanduan, Gadget, Anak Prasekolah, Pengasuh

Full Text:

PDF

References


. Eklesia, R. C., Londa, J. W., & Mingkid, E. (2020). Peran Komunikasi Orang Tua Dalam Mencegah Kecanduan Gadget Pada Anak Usia Dini Di Kelurahan Karombasan Utara. Acta Diurna Komunikasi, 2(3).

. Farhatin, R. (2018). Pengaruh Pengasuhan Orang Tua Yang Bekerja Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Pulo Gadung Jakarta Timur. Permata: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 94-102.

. Hana, P.P (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 1 Issue 1 (2017) Pages 1 – 11

. Imron, R. (2018). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Prasekolah Di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 13(2), 148-154.

. Latifah, E. W., Krisnatuti, D., & Puspitawati, H. (2016). Pengaruh Pengasuhan Ibu Dan Nenek Terhadap Perkembangan Kemandirian Dan Kognitif Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 9(1), 21-32.

. Maulida, Hidayahti. 2013. Menelisik Pengaruh Penggunaan Aplikasi Gadget Terhadap Perkembang An Psikologis Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 2013. Semarang: Fkip Universitas Negeri Semarangeklesia, R. C., Londa, J. W., & Mingkid, E. (2020). Peran Komunikasi Orang Tua Dalam Mencegah Kecanduan Gadget Pada Anak Usia Dini Di Kelurahan Karombasan Utara. Acta Diurna Komunikasi, 2(3).

. Noormiyanto, F. (2018). Pengaruh Intensitas Anak Mengakses Gadget Dan Tingkat Kontrol Orangtua Anak Terhadap Interaksi Sosial Anak Sd Kelas Tinggi Di Sd 1 Pasuruhan Kidul Kudus Jawa Tengah. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-Sd-An, 5(1).

. Suherman, R. N. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kecanduan Gadget Pada Anak Prasekolah (Doctoral Dissertation, Stikes Hang Tuah Surabaya).

. Palar, J. E., Onibala, F., & Oroh, W. (2018). Hubungan Peran Keluarga Dalam Menghindari Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak Dengan Perilaku Anak Dalam Penggunaan Gadget Di Desa Kiawa 2 Barat Kecamatan Kawangkoan Utara. Jurnal Keperawatan, 6(2).

. Sapardi, V. S. (2018). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah Di Paud/Tk Islam Budi Mulia. Menara Ilmu, 12(80).

. Sari, T. P., & Mitsalia, A. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah Di Tkit Al Mukmin. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 13(2).

. Soetjiningsih, Ranuh Gde Ig.N, 2013, Tumbuh Kembang Anak. Jakarta. Egc.

. Warisyah Y, (2015) Pentingnya “Pendampingan Dialogis” Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Prosiding Seminar Nasional Pendidikan“Inovasi Pembelajaran Untuk Pendidikan Berkemajuan” Fkip Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 7 November 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.