PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL MATEMATIKA SD MENGGUNAKAN WHITEBOARD ANIMATION UNTUK MAHASISWA PGSD STKIP PGRI LUBUKLINGGAU

Akmal Rijal

Abstract


Permasalahan yang muncul dalam dunia pendidikan saat ini antara lain meliputi masih rendahnya kompetensi guru dan dosen dalam era pendidikan 4.0 yaitu mengembangkan bahan ajar atau materi digital, oleh sebab itu maka seorang guru atau dosen harus memilki berbagai keterampilan diantaranya yaitu keterampilan dalam mengembangkan bahan ajar digital yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital matematika SD menggunakan whiteboard animation untuk mahasiswa PGSD STKIP PGRI Lubuklinggau yang teruji valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan dari Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: preliminary research, prototyping phase, dan assesment phase. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD semester V di STKIP PGRI Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang mendeskripsikan validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk dengan nilai rata-rata 95%. Bahan ajar sudah praktis baik dari segi keterlaksanaan, kemudahan, dan waktu yang diperlukan dengan rata-rata nilai 92,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat dinyatakan valid dan praktis.


Keywords


teaching materials, whiteboard animation, elementary school math, primary teacher education, STKIP PGRI Lubuklinggau.

Full Text:

PDF

References


Kanematsu,& Barry. (2016). The effects of using an interactive whiteboard on theacademic achievement of universitystudents. In Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching (Vol. 12,pp. 1–19). Hongkong: The EducationUniversity of Hongkong, Department ofScience and Environmental Studies.

Kemenristekdikti. 2018. Pengembangan Iptek dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. Retrieved from:https://www.ristekdikti.go.id/siaran-pers/pengembangan-iptek-dan-pendidikan-tinggi-di-era-revolusi-industri-4-0/. (12 Agustus 2019).

Kemendikbud. 2016. Guru Pembelajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Weaver, Barbara E dan Nilson, Linda B. 2009. Notebook in Class: What Are They Good For? What Can You Do With Them?. New Directions in Teaching andLearning. Vol 101: Page. 3-13.

Plomp, Tj. (2013). Educational Design: Introduction. From Tjeerd Plomp (eds). Educational &Training System Design: Introduction. Design of Education and Training (in Dutch).Utrecht (the Netherlands): Lemma. Netherland. Faculty of Educational Science andTechnology, University of Twente.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wawan S, dkk (2019:363) dengan judul “Development of traditional children play based instructional model to optimize development of kindergarteners’ fundamental motor skill”. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38 (2), 363. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.25289.

Nieveen, N. 2007. An Introduction to Educational Design Research. Enschede: Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO).

Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan, Prinsip dan Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Rika, W., Buaddin, H., & Rishi, K.2018. Media comic math berbasis whiteboard annimation dalam pelajaran matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5 (1), 53-63. http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.19207.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.