stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
ANALISIS BERPIKIR REFLEKTIF SISWA BERTIPE GAYA BELAJAR VISUAL (ANALYSIS OF REFLECTIVE THINKING OF VISUAL LEARNING STYLE STUDENTS) | Wati | Prosiding Conference on Research and Community Services

ANALISIS BERPIKIR REFLEKTIF SISWA BERTIPE GAYA BELAJAR VISUAL (ANALYSIS OF REFLECTIVE THINKING OF VISUAL LEARNING STYLE STUDENTS)

Lidia Wati, Nurwiani Nurwiani, Jauhara Dian Nur Iffah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif berdasarkan gaya belajar visual dan gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Subjek penelitian diambil dari siswa kelas X yang dipilih berdasarkan gaya belajar visual , auditori dan kinestik tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes dan wawancara. Subyek dengan gaya belajar kinestetik  mempunyai kemampuan berpikir reflektif yang baik yang terlihat pada indikator yang sudah terpenuhi yaitu  subjek menyebutkan apa yang diketahui, menyelesaikan soal dengan sistem persamaan linier dua variabel dengan cara  eliminasi dan membuat kesimpulan dengan benar. Subyek dengan gaya belajar visual mempunyai kemampuan berpikir reflektif yang baik yang terlihat pada indikator yang sudah terpenuhi yaitu  subjek menyebutkan apa yang diketahui,  , menyebutkan apa saja yang ditanyakan, menyelesaikan soal dengan sistem persamaan linier dua variabel dengan cara  eliminasi dan membuat kesimpulan dengan benar.

 


Keywords


Berpikir Reflektif, Gaya Belajar

Full Text:

PDF

References


Mulyono, A. (2009). Pendidikan Bagi Anak yang Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tristanti, L. B. 2019. The process of thinking by prospective teachers of mathematics in making arguments. Journal of Education and Learning (EduLearn) Vol. 13, No. 1, February 2019, pp. 17~24 ISSN: 2089-9823 DOI: 10.11591/edulearn.v13i1.6853

Tristanti, L.B., Sutawidjaja, A., As’ari, A.R., & Muksar, M. 2016. The Construction of Deductive Warrant Derived from Inductive Warrant in Preservice-Teacher Mathematical Argumentations. Educational Research and Reviews. Vol. 11(17), pp. 1696-1708, 10 September, 2016.

Tristanti, L.B., Sutawidjaja, A., As’ari, A.R., & Muksar, M. 2017. Types of Warrant in Mathematical Argumentations of Prospective-Teacher. International Journal of Science and Engineering Investigations. ISSN: 2251-8843, vol. 6, issue 68, September 2017, 96-101.

Dewey, J. (1933). How We Think; A Restatement of the Relation of Reflective Thinking to Education process. Lexington, MA: Heath.

Nindiasari, H, Novaliyosi, N., and Subhan, A., “Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Tahapan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis,” J. Penelit. Dan Pembelajaran Mat., vol. 9, no. 1, pp. 109–115, 2016.

Subini, N. (2011). Rahasia Gaya Belajar Orang Besar. Jakarta: PT. Buka Ika.

Risnawita, M. N. (2014). Gaya Belajar Kajian Teoretik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

DePorter, B. (2000). Quantum Teaching. Bandung: PT. Mizan Pustaka

Sugiyono. 2010. Metode penelitian kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol