ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI MTsN 4 JOMBANG

Ainur Rosyidah

Abstract


Guru memegang peranan penting dalam mencari alternatif untuk mengatasi kecemasan atau kesulitan yang di hadapi siswa dalam belajar. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tentang menurunnya mutu pendidikan, khususnya dalam pendidikan matematika yaitu  dengan menerapkan pembelajaran yang berfokus pada keterampilan tertentu. Upaya tersebut akan lebih merangsang keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Guru selalu berusaha untuk mencapai tujuan dalam setiap pembelajaran ,untuk mencapai tujuan itu usaha guru antara lain menggunakan berbagai model dalam pembelajaranya.Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran yang berbasis masalah.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran berbasis masalah dan menemukan factor penyebab guru memilih menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Penelitian ini di lakukan di MtsN 4 Jombang.Subyek dalam penelitian ini adalah salah satu guru yang sudah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah di dalam mengajar.Data yang di peroleh adalah aktifitas guru mengajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan hasil wawancara dengan guru.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran berbasis masalah di MtsN 4 Jombang  terlaksana dengan baik sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran berbasis masalah yang mencakup ;(a)orientasi siswa terhadap masalah,(b)mengorganisasi siswa untuk belajar,(c)membimbing penyelidikan individual dan kelompok,(d)mengembangkan dan menyajikan hasil karya,(e)menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.Faktor penyebab guru  menggunakan model pembelajaran berbasis masalah meliputi;(a)Matematika adalah bersifat abstrak,(b)Penggunaan media yang kurang tepat,(c)siswa malu untuk bertanya kepada guru berkaitan dengan materi,(d)kurangnya minat dan motivasi siswa mengakibatkan siswa malas dalam belajar


Keywords


implementasi,model pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah

Full Text:

PDF

References


] Russefendi,1990.Pendidikan matematika modern dan massa kini untuk guru dan PGSD, Bandung: tarcito.

Sudjana ,2008. Dasar-dasar proses belajae mengajar.Bandung .Sinar baru . Algensindo

Ibrahin,nurwiani, 2005. Pembelajaran berdasarkan masalah : Surabaya,uNESA university press

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Oka arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Bush, Tony, 2000. Leadeship And Strategi Management in Education: Manajemen Strategi Kepemimpinan Pendidikan. Jogjakarta: ircisod.

Choridah, Dedeh Tresnawati. 2013. “Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif serta Disposissi Matematis Siswa SMA”. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol. 2, No. 2.

Dimyati.2006. Belajar dan pembelajaran.Jakarta:PT Rieneke cipta

Sudarman. 2007.“Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah”. Jurnal Pendidikan Inovasi, Vol. 2, No. 2.

Suherman,2003.Strategi pembelajaran matematika,Bandung :PT Remaja Rosdakarya.

Surya,2005. Supaya siswa minat matematika . www.surya.co.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.