MANIPULASI MATEMATIKA SISWA SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN

Eny Suryowati, Rifa Nurmila

Abstract


Materi pecahan merupakan salah satu materi yang kompleks untuk anak Sekolah Dasar. Operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan merupakan salah satu bagian dari materi pecahan yang dipelajari di Sekolah Dasar.  Konsep pecahan akan menjadi lebih nyata jika menggunakan media yang tepat. Salah satu media yang bisa digunakan adalah clock-face fraction. Media ini dapat digunakan siswa untuk melakukan manipulasi matematika dalam menyelesaikan soal pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana siswa SD kelas 4 melakukan manipulasi matematika dalam menyelesaikan soal pecahan. Dua siswa SD kelas 4 akan diberi penjelasan tentang penggunaan clock-face fraction, kemudian siswa diberi soal pecahan untuk dikerjakan dengan bantuan clock-face fraction. Saat siswa mengerjakan akan diamati bagaimana proses siswa mengerjakan dan setelah itu akan dilakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek 1 merepresentasikan pecahan secara simbol kemudian menggunakan benda konkrit clock-face fraction, sedangkan subjek 2 merepresentasikan pecahan menggunakan benda konkrit dahulu kemudian mengubahnya menjadi simbol matematika. Subjek 1 dan subjek 2 merepresentasikan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan menggunakan benda konkrit clock-face fraction kemudian menuliskan simbol matematika penjumlahan dan pengurangan pecahan. Subjek 1 dan subjek 2 membandingkan dua pecahan menggunakan benda konkrit clock-face fraction kemudian menyimpulkan hasilnya dalam bentuk simbol matematika.


Keywords


manipulasi matematika, pecahan, Clock Face Fraction

Full Text:

PDF

References


Carvalho, Renata. 2013. Students’ Mental Computation Strategies With Fraction. Proceedings of The Eighth Congress of The European Society For Research in Mathematics Eduaction, (Online), ( http://ermeweb.free.fr/), diakses 17 Januari 2015.

Charalambous, Charalambos Y dan Pitta-Pantazi, Demetra. 2007. Drawing on a Theoretical Model To Study Students’ Understandings of Fractions. Educational Studies in Mathematics,(Online),64:293-316. (http://math.arizona.edu/~cemela/english/content/shortcourses/assessment/Day%202%20Reading%201.pdf), diakses 16 Pebruari 2015.

Kyriakides, Andreas O. 2011. Questioning Assumptions That Limit The Learning of Fractions: The Story of Two Fifth Graders. Proceedings of The Seventh Congress of The European Society For Research in Mathematics Eduaction, (Online), ( http://ermeweb.free.fr/), diakses 17 Januari 2015.

Rose, Mdaka Basani. 2011. Learners’ Errors and Misconceptions Associated With Common Fraction. A mini Dissertation. University of Johannesberg, (Online), ( https://ujdigispace.uj.ac.za/bitstream/handle/10210/8049/Mdaka.pdf?sequence=1 ), diakses 16 Pebruari 2015.

Moyer, P. S. (2001). Are we having fun yet? How teachers use manipulatives to teach

mathematics. Educational Studies in mathematics, 47(2), 175-197.

Kelly, Catherine A. (2006) "Using Manipulatives in Mathematical Problem Solving: A Performance-Based Analysis." The Mathematics Enthusiast, 3(2).

Empson, S. B. (2002). Organizing Diversity in Early Fraction Thinking. In B. Litwiller, & G. Bright (Eds.), Making Sense of Fractions, Ratios and Proportions: 2002 Yearbook (pp. 29-40). Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Rosli, Roslinda., Goldsby, Dianne dan Capraro, Mary Margaret. (2015). Using Manipulatives in Solving and Posing Mathematical Problems. Creative Education, 6, 1718-1725. http://dx.doi.org/10.4236/ce.2015.616173.

Marshall, L., & Swan, P. (2008). Exploring the Use of Mathematics Manipulative Materials: Is It What We Think It Is?. Retrieved from https://ro.ecu.edu.au/ceducom/33.

Thompson, P. W. (1994). Concrete materials and teaching for mathematical

understanding. Arithmetic Teacher ,41(9) 556-558.

Istiandaru, A., Istihapsari, V., Prahmana, R C I., Setyawan, F dan Hendroanto, A. (2017). Characteristics of Manipulative in Mathematics Laboratory. Journal of Physics: Conference Series. doi :10.1088/1742-6596/943/1/012023.

Swan, P. dan Marshall, L., (2010). Revisiting mathematics manipulative materials.

Australian Primary Mathematics Classroom, 15(2), 13-19.

Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sugiono. (2014). Memahami Penelitian Kkualitatif. Bandung Indonesia: ALFABETA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.