PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SEBAGAI UPAYA MENGATASI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN EKSPONEN

Ira Purwandari

Abstract


Matematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib di sekolah dan menjadi dasar bagi ilmu pengetahuan lainnya karena di dalamnya terdapat kemampuan untuk berhitung, logika, dan berpikir. Namun demikian, sifat abstrak dari matematika menyebabkan banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep matematika, sehingga prestasi belajar matematika siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan model discovery learning yang dapat mengatasi problematika pembelajaran matematika pada pokok bahasan eksponen di MAN 4 Denanyar Jombang.  Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 1 MAN 4 Denanyar Jombang yang terdiri dari 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan empat tahap yaitu :Perencanaan (planning), Pelaksanaan (acting), Pengamatan (observing), dan Refleksi (reflecting). Penelitian ini dilaksanaan selama 2 siklus. Setelah melakukan analisis data terhadap pelaksanaan penelitian Tindakan kelas, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat mengatasi problematika pembelajaran matematika pada pokok bahasan eksponen.

 


Keywords


discovery learning, Problematika matematika

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi 4. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kholida Agustin dan Yulia Linguistika. 2012. Identifikasi Kesalahan Siswa Kelas X pada Evaluasi Materi Sifat-sifat Bilangan Berpangkat dengan Pangkat Bilangan Bulat di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Laporan Penelitian Tidak Diterbitkan.

Nila Kesumawati. 2008. Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang.

Mutmainah. 2013. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Bilangan Berpangkat SMK Diponegoro Salatiga. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

Suryanih. 2011. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa dan Solusinya dengan Pembelajaran Remedial (Penelitian Deskriptif Analisis di MAN 7 Jakarta). Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.Kemendikbud, (2013). Modul Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

Salmon, A.et.al.(2012). Belajar dan Pembelajaran Matematika Model Pembelajaran Discovery Learning. Makalah universitas Patimura Ambon: tidak diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.