ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA FIELD DEPENDENT

Eka Yuliandari, Esty Saraswati Nur Hartiningrum

Abstract


Koneksi matematis adalah salah satu kemampuan matematis dalam pembelajaran matematika yang harus dimiliki dan dikembangkan pada siswa menengah. Kemampuan koneksi matematis dapat diketahui setelah siswa menyelesaikan soal cerita. Salah satu materi yang digunakan dalam mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa adalah pertidaksamaan rasional dan irrasional satu variabel. Hal ini dapat ditunjukkan melalui gaya kognitif salah satunya adalah Field Dependent. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa field dependent. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini diambil dari siswa kelas X MIPA 7 MAN 3 Jombang yang memiliki gaya kognitif field dependent berdasarkan hasil tes GEFT. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Peneliti menggunakan triangulasi waktu untuk mengetahui keabsahan data. Data yang diperoleh melalui penelitian kemudian dianalisis berdasarkan indikator kemampuan koneksi matematis yaitu : 1) Kemampuan menghubungkan antar ide matematika, 2) Kemampuan menerapkan ilmu matematika dengan ilmu lain, dan 3) Kemampuan menerapkan ilmu matematika dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa field dependent yaitu mampu menghubungkan antar ide matematika dalam menyelesaikan soal cerita; mengetahui langkah-langkah yang harus diselesaikan selanjutnya; belum mampu dalam menghubungkan materi matematika dengan ilmu lain; dan cukup baik dalam menjelaskan bagaimana penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

 


Keywords


Field Dependent, Kemampuan koneksi matematis

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abidin, Yunus dkk. 2018. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Nurdin dkk. 2017. Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa SMP Kelas IX. Makassar. Jurnal (diakses pada 8 November 2019).

Fadliilah, Nuurul. 2017. Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent Siswa SMP Kelas VII dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Segitiga dan Segiempat Berdasarkan Gender. Kediri: UNP

Haryono, Didi. 2015. Filsafat Matematika. Bandung: Alfabeta

Kenedi, Ary Kiswanto dkk. 2018. Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Singkarak: Jurnal Numeracy (Diakses pada 16 Oktober 2019)

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standards for School Mathematics. (diakses pada 2 November 2019)

Putri, Hafiziani Eka. 2017. Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) Kemampuan-Kemampuan Matematis & Rancangan Pembelajarannya. Sumedang. Penerbit Edisi Ebook UPI Sumedang Press.

Susanto, Herry Agus. 2008. Mahasiswa Field Independent dan Field Dependent Dalam Memahami Konsep Grup. Yogyakarta. UNY

Tim pengembang ilmu pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikai Pendidikan. PT Imperial Bhakti Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.