PROFIL KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DENGAN TINGKAT DISPOSISI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN TUGAS PRE-SOLUTION POSING

Esty Saraswati Nur Hartiningrum, Hilda Rahmawati Afasma

Abstract


Pengajuan soal memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan siswa untuk memecahkan masalah, untuk membantu siswa dalam memahami soal dapat dilakukan dengan menulis kembali soal dengan kata-kata sendiri, menulis soal dalam bentuk lain atau dalam bentuk yang operasional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif yang memiliki tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dengan tingkat disposisi matematis dalam menyelesaikan tugas pre-solution posing. Pemilihan subjek penelitian melalui angket yang diisi melalui google form oleh peserta didik kelas 8E SMP N 1 Mojoagung. Pengambilan data didapatkan dari hasil tugas pengajuan soal serta wawancara yang dilaksakan sebanyak dua kali. Validasi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang memiliki tingkat disposisi matematis rendah dapat mengajukan dua soal. Peserta didik yang memiliki tingkat disposisi matematis sedang dapat mengajukan tiga soal. Peserta didik dengan tingkat disposisi matematis tinggi dapat mengajukan lima soal.

 


Keywords


pengajuan soal, tugas pengajuan soal, tingkat disposisi matematis, geometri.

Full Text:

PDF

References


Haryono, D. (2015) Filsafat Pendidikan. CV. Alfabeta.

Hartiningrum, E.S.N. & Masruroh, F. (2014). Proses Berpikir Mahasiswa Dengan Gaya Belajar Visual Dalam Mengajukan Soal Matematikatipe Post Solution Posing. Jurnal al-Khwarizmi Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam vol 2, nomor 2.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E. & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung : PT. Refika Aditama.

Maharani, F., Napitupulu, B. & Manurung, M. M. H. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Tugas Pengajuan Soal (Problem Posing) Pada Materi Trigonometri Ditinjau Dari Kemapuan Matematika Siswa Kelas X-C SMA YPPK Teruna Bakti Jayapura. Jurnal Ilmiah Matematika & Pembelajarannya. Jayapura, Indonesia : Universitas Cendrawasih. (Online), 2(!):32-43, (https://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JIMP/article/view/253), diunduh pada 4 Desember 2019.

Men, F. E., Mandur, K. & Jelatu, S. (2018). Analisis Kemampuan Pengajuan Soal Calon Guru Sekolah Dasar Ditinjau Dari Tingkat Disposisi Matematis. Journal Of Songke Math (Online), 1(2):1-9, (http://ejournal.stkipsantunpaulus.ac.id/index.php/jsm), diunduh pada 4 Desember 2019.

Muawanah, L. Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Geometri Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Level Berfikir Geometri Van Hiele (Pada Siswa Kelas VIII MTs N 1 Surakarta Tahun 2012/2013). Naskah Publikasi. Surakarta, Indonesia: Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pribadi, B. A. (2011). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta, Indonesia: Dian Rakyat

Silver, E. & Cai, J. (1996). An Analysis Of Aritmatic Problem Posing By Middle School Student, V. 27, N. 5, November 1996.

Siswono, T. Y. E. (2000). Pengajuan Soal (Problem Posing) Oleh Siswa Dalam Pembelajaran Geometri Di SLTP. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika, Jurusan Matematika FMIPA UNESA, ITS Surabaya, 2 November.

Siswono, T. Y. E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatakna Kemampuan Berfikir Kreatif. Surabaya: Unesa university press.

Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Soal dan Pemecahan Masalah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.