stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS. DARUL ULUM KEPUHDOKO | Emifiana | Prosiding Conference on Research and Community Services

PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS. DARUL ULUM KEPUHDOKO

Sylvia Emifiana, Abdul Rozak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kepercayaan diri dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs. Darul Ulum Kepuhdoko. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik survey sebanyak 52 orang siswa dari kelas VII MTs. Darul Ulum Kepuhdoko. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 20 terdiri dari uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji persyaratan analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi  klasik dan uji normalitas. Sedangkan uji hipotesis analisis data yang digunakan yaitu uji t dan regresi linear berganda.  Berdasarkan hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara kepercayaan diri dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. Besar sumbangan kepercayaan diri dan uji kemandirian belajar terhadap prestasi belajar sebesar 78,6% dan sisanya 21,4% di pengaruhi oleh variabel lain selain kepercayaan diri dan kemandirian belajar.


Keywords


Kepercayaan Diri, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Matematika.

Full Text:

PDF

References


Hidayat, S. (2015). Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: PT Pustaka Mandiri.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, T. (2002). Mengenal Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Nurhayati, E. (2016). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sulo, U. T. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suhendri, Huri. (2012). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis, Rasa Percaya Diri, dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY

Yuliana, Susanti. (2016). Hubungan Kemampan Awal dan Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN 4 Rensing. Jurnal Ilmu Pendidikan,68.

Sulistyaningsih, (2012). Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 27 Purworejo. Jurnal Ilmu Pendidikan. 37-38.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol