stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENERAPAN BLENDED LEARNING PADA MENULIS TEKS DESKRIPTIF DI MTs. MA’ARIF NU MAMBA’UL KHOIROT BANJARDOWO JOMBANG | Ni’amah | Prosiding Conference on Research and Community Services

PENERAPAN BLENDED LEARNING PADA MENULIS TEKS DESKRIPTIF DI MTs. MA’ARIF NU MAMBA’UL KHOIROT BANJARDOWO JOMBANG

Afi Ni’amah

Abstract


Kemajuan teknologi memberi dampak signifikan terhadap dunia pendidikan. Dampak tersebut terbukti dengan munculnya model pembelajaran blended learning yang merupakan penggabungan dari dua pola kegiatan pembelajaran. Penggabungan kedua pola tersebut dimaksudkan untuk saling melengkapi kelemahan masing-masing. Model pembelajaran blended learning menyediakan banyak manfaat dan kemudahan sehingga diprediksi akan menjadi trend model pembelajaran di masa mendatang. Prediksi tersebut didukung oleh kelebihan penerapan blended learning ketika dibandingkan dengan e-learning. Penelitian ini melakukan penerapan model pembelajaran blended learning di MTs. Ma’arif NU Mambaul Khoirot dengan menggunakan tahapan model ADDIE. Model tersebut terdiri dari lima tahapan yang merupakan kepanjangan dari lima huruf pada model tersebut. Kelima tahapan tersebut memiliki fase kegiatan berbeda-beda di tiap tahapannya. Masing-masing tahapan tersebut terintegrasi dan saling melengkapi. Melalui model ADDIE, penerapan kegiatan pembelajaran blended learning terbukti dapat diaplikasikan kepada peserta didk tingakat menengah pertama, khususnya dalam pengajarana menulis teks deskriptif.


Keywords


kemajuan teknologi, blended learning, teks descriptive, ADDIE

Full Text:

PDF

References


Marsh, D. 2012. Blended Learning: Creating Learning Opportunities for Language Learners. Cambridge: Cambridge University Press.

Ningsih, Y. L. 2015. Aplikasi Blended Learning pada Pembelajaran Kalkulus 1 di Universitas PGRI Palembang. Artikel disajikan dalam Seminar Pendidikan Nasional, Universitas PGRI Palembang, 7 Maret 2015.

Vernadakis, et al. 2012. The Impact of Blended and Traditional Instruction in Students’ Performance. Procedia Technology. Volume 1, 439-443.

Nadiyah, R. S., & Faaizah, S. (2015). The Development of Online Project Based Collaborative Learning using ADDIE Model. Procedia. Elevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.392

Hidayanto, D. R., Munir, Rahman, E. F., & Kusnendar, J. (2017). The Application of ADDIE Model in Developing Adventure Game-based Multimedia Learning to Improve Students’ Understanding of Basic Programming. ICSITech. https://doi.org/10.1109/ICSITech.2017.8257130

Tang, W.-L., Tsai, J.-T., & Chen, C.-H. (2017). Research on ADDIE Model Applied to Develop the Digital Material of MCRLC in Taiwan. In SICE Annual Conference. Kanazawa: Kanazawa University. https://doi.org/10.23919/SICE.2017.8105551

Ni’amah, A. dan Kristanti, I. L. 2019. Designing Scientific Writing Syllabus for Undergraduate Student. Jetli


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol