PEMEROLEHAN BAHASA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI METODE MIND MAPPING

Indah Husnah Al Hidayah, Susi Darihastining, Endah Sari, Berlian Wildan Indonesia

Abstract


Pengajaran Bahasa merupakan hal yang utama dalam proses pembelajaran. Hal ini mencakup penggunaan Bahasa, kosakata, cara  penyampaian sebab keseluruhannya merupakan pesan yang ingin disampaikan dari pembicara kepada pendengar. Tujuan pengajaran Bahasa adalah mampu meningkatkan kualitas berbahasa dengan baik, terutama dari segi kemampuan berbicara. Pemerolehan Bahasa adalah proses manusia mendapatkan kemampuan menangkap, menghasilkan, dan menggunakan kata untuk pemahaman dan komunikasi. Permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran Bahasa di SDN Pulo Lor 4 Jombang adalah rendahnya minat dan antusiasme siswa sehingga pemerolehan Bahasa siswa tidak sesuai dengan harapan Guru. Penyebabnya adalah kurangnya alat peraga yang dipakai guru, proses pembelajaran yang kurang menarik, dan metode yang dipakai Guru kurang merangsang keaktivan siswa atau bersifat konvensional. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan kepada guru dan siswa, peneliti akan mengujicobakan metode Mind Mapping dalam pembelajaran Bahasa Di SDN Pulo Lor 4 Jombang. Mind Mapping adalah strategi dalam pengajaran yang berusaha mengaktifkan otak kanan dan otak kiri bekerja secara seimbang, cara mencatat kreatif, efektif, dan secara harfiyah akan memetakan pikiran-pikiran. Mind Mapping adalah suatu model pembelajaran yang memiliki langkah-langkah sistematis. Tujuan penggunaan Mind Mapping adalah untuk meningkatkan kemampuan pemerolehan Bahasa pada siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab. Penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini akan mendeskripsikan penggunaan metode mind mapping untuk meningkatkan pemerolehan bahasa bagi siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Pulo Lor 4 Jombang yang berjumlah 17 siswa. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti. Sumber data dan informasi dalam penelitian diambil dari aktivitas siswa, angket respon siswa dan didukung dengan wawancara kepada informan yang dipilih. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan pada pertengahan semester genap setelah dilakukan observasi awal. Prosedur dalam penelitian ini meliputi : persiapan, studi/survey awal, pelaksanaan pembelajaran, wawancara, kemudian pengolahan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan kemampuan pemerolehan bahasa siswa menggunakan metode mind mapping. Respon dan antusias siswa terhadap pembelajaran juga meningkat. Didukung dengan kreativitas siswa yang meningkat searah dengan kegiatan siswa saat membuat peta konsep bahasa bersama kelompok.

Keywords


Mind Mapping, pemerolehan Bahasa, siswa, aktivitas

Full Text:

PDF

References


Al-Jarf, R. 2011. Teaching Spelling Skills with a Mind-mapping Software. Asian EFL journal Professional Teaching Articles Vol 43.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Buzan, T. 2007. Buku Pintar Mind Map Untuk Anak Pintar di Sekolah. Jakarta: PT.Gramedia Pusaka Utama.

Buzan, T. 2010. Buku Pinta Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Daeng Nurjamal, dkk. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung:Alfabeta.

Chaer, A. 2003. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta,

Dardjowidjojo. 2003. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta:Yayasan Pustaka Obor Indonesia, n.d.

Darihastining, S. 2016. Etnopuitika Sastra Pentas Jidor Sentulan. Malang: Aditya Media Publishing

Fatmawati, S.R. 2015 Pemerolehan Bahasa pertama anak. Lentera, Vol. XVIII, No. 1, https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/lentera_journal/article/view/429.diakses tanggal 20 Februari 2020

Krashen, S.D,. 2006. Principles and Practice in Second Language Acquisition. California: University of Southern California.

Maharani, T., & Astuti, E.S. 2018. Pemerolehan Bahasa Kedua dan Pengajaran Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Bahasa Lingua Scientia. Vol 10 No 1. http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/ls/article/view/938. Diakses tanggal 17 Februari 2020

Moleong, Lexy.J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mufidah, N., Sa’adah, N,. & Kholis, N., 2019. Strategi Multilanguage Untuk Pembelajaran Bahasa Arab: Studi Di Ma’had Mahasiswa.Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra Al-Ma’rifah. Vol 16 april 2019, 1-10. Http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jba. diakses 7 Desember 2020

Sholeh, K,& Afriani, S. 2016. Teknik Mind Mapping Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa SMA . Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, Vol 2 No 2. http://repository.umpwr.ac.id:8080/bitstream/handle/123456789/4041/mind%20miping.pdf?sequence=1 . Diakses pada tanggal 5 Desember 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.