NEW NORMAL DAN PENDIDIKAN 4.0 DI INDONESIA

. Kustomo, Dwi Fathurohman, Timo Cahyo Nugroho

Abstract


Dunia memasuki era revolusi industri 4.0, seiring dengan berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi yang sangat pesat dan menyeluruh. Perkembangan akibat revolusi industri 4.0 ini berdampak pada segala bidang, tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Pendidikan sebagai bidang yang mempersiapkan SDM unggul sehingga mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman, serta mampu berdaya saing dengan bangsa lainya. Pandemi corona yang melanda Indonesia, bukanlah suatu penghalang untuk tetap melangsungkan proses pendidikan di Indonesia. Pemerintah mencanangkan program New Normal sebagai bentuk tatanan kehidupan baru yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat dalam rangka melanjutkan kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa transisi dari kebijakan pembatasan sosial atau sosial distancing, akibat pandemi corona yang mewabah di Indonesia sejak enam bulan terakhir. Dalam tatanan ini dimaksudkan untuk mengatur aktifitas masyarakat dengan mewujudkan masyarakat yang bergaya hidup sehat guna  meminimalisir penularan virus corona pada saat beraktifitas sehari-hari, begitu pula dalam melangsungkan pendidikan di Indonesia.

Keywords


New Normal, Pendidikan 4.0

Full Text:

PDF

References


Piterlasse, 2019, Pendidikan di Era Revolusi Industri, Jurnal Sundermann. Vol 1, 29-43: https://jurnal.sttsundermann.ac.id/

Hamdan, 2018, Industri 4.0: Pengaruh Revolusi Industri Pada Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi. Jurnal Nusamba Vol 3 No.2. 1-8: http://ojs.unpkediri.ac.id/index

Risdianto, 2019. Kepemimpinan Dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Publikasi Ilmiah Universitas Bengkulu: https://www.researchgate.net/publication/332423142. diakses tanggal 28 Agustus 2020.

Irianto, D. (2017). Industry 4.0; The Challenges of Tomorrow.Disampaikan pada Seminar Nasional Teknik Industri, Batu-Malang. Kagermann, H., Wahlster, W., & Helbig, J.(2013). Recommendations forImplementing the Strategic Initiative Industrie 4.0. Industrie 4.0Working Group, Germany.

Hafil, M. “Mendikbud Ungkap Cara Hadapi Revolusi 4.0 Di Pendidikan.” REPUBLIKA.Co.Id, May 2, 2018. https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/05/02/p8388c430- mendikbud-ungkap-cara-hadapi-revolusi-40- di-pendidikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.