ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Suci Wulandari, Syarifatul Maf’ulah

Abstract


Salah satu unsur terpenting dalam kehidupan manusia adalah pendidikan, adapun proses pendidikan sejatinya dilakukan sepanjang hayat, yaitu dari lahir sampai manusia meninggal. Pendidikan dapat berlangsung dimanapun, baik dirumah, disekolah, dan dilingkungan. Pendidikan karakter adalah pendidikan yang dikembangkan untuk mendidik moral setiap siswa agar lebih sopan santun sesuai dengan budaya Indonesia. Namun pada kenyataanya, pendidikan karakter belum sepenuhnya diimplementasikan dalam dunia pendidikan. Hal ini membuat moral dan karakter siswa di Indonesia sangat kurang dari tujuan pendidikan kita. Kurikulum 2013 yang mempertimbangkan terbentuknya perilaku positif dan akhlak yang mulia dapat menjadi jawaban krisis karakter yang terjadi saat sekarang ini dan mampu menghasilkan pribadi yang dapat bersaing secara sehat dikemudian hari. Melalui pembelajaran matematika diharapkan seorang guru dapat mengimplementasikan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Ma’arif NU Miftahul Ulum tahun 2020/2021. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi data sebagai proses analisis data. Data yang diperoleh kemudian dianalisis tahapan proses pembelajaran melalui observasi peneliti dan selanjutnya mengkonfirmasi melalui wawancara sesuai indikator pendidikan karakter yang dibuat. Indikator yang dikembangkan adalah tanggung jawab, kedisiplinan guru, dan kreativitas guru. Hasil observasi penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika telah sesuai dengan indikator penelitian. Hal ini juga ditunjukkan pada hasil wawancara kepada subjek telah menunjukkan kesesuaian antara observasi dan wawancara tersebut. Berdasarkan penelitian tersebut guru matematika telah mengimplementasikan pendidikan karakter melalui proses pembelajaran matematika dengan baik dan sesuai dengan indikator penelitian. 

Keywords


Implementasi Pendidikan Karakter, Proses Pembelajaran Matematika, Tanggungjawab, Kedisiplinan guru, Kreativitas guru.

Full Text:

PDF

References


Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Suyitno, A. 2004. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: FMIPA UNNES.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.

Effendy, Ilham. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.A Pada Siswa SMKN 2 Lubuk Basung. Padang; Universitas Negeri Padang. Vol 1, No.2, 81-88.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.