PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PERILAKU KEUANGAN TERHADAP MINAT INVESTASI MAHASISWA STKIP PGRI JOMBANG

Della Septahany Isranto, Nanik Sri Setyani Setyani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan ekonomi yang menuntut individu  memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam mengelola serta mengambil keputusan keuangan dengan bijak agar keuangan dapat terkelola untuk jangka panjang dan mendapatkan kesejahteraan finansial di masa yang akan datang. Pengelolaan keuangan dapat dilakukan dengan berinvestasi. Peningkatan kesadaran investasi saat ini perlu terus ditingkatkan terutama untuk kaum milenial seperti mahasiswa, karena investasi sudah menjadi isu penting di era globalisasi saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah literasi keuangan dan perilaku keuangan berpengaruh terhadap minat investasi mahasiswa STKIP PGRI Jombang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi ekonomi STKIP PGRI Jombang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 yang dilakukan dengan teknik Purpossive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner serta wawancara tak terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh literasi keuangan terhadap minat investasi mahasiswa STKIP PGRI Jombang, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,852>0,05. (2) terdapat pengaruh positif perilaku keuangan terhadap minat investasi mahasiswa STKIP PGRI Jombang, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,020<0,05. (3) terdapat pengaruh literasi keuangan dan perilaku keuangan secara bersama-sama terhadap minat investasi mahasiswa STKIP PGRI Jombang, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,012<0,05.

 


Keywords


Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan, Minat Investasi

Full Text:

PDF

References


Jogiyanto. 2013. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE-UGM.

Otoritas Jasa Keuangan. Hasil Survei Literasi dan Inklusi Keuangan Nasional Meningkat. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20549. Diakses tanggal 27 Maret 2020.

Luthfi & Iramani. 2008. Financial Literacy Among University Student and Its Implications to The Teaching Method, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 11 No. 3.

Susanti, Hasan, Ahmad. et al. 2018. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berinvestasi di Galeri Investasi Universitas Negeri Makassar. Makassar: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi. ISBN: 978-602-60061-2-7.

Margaretha, Farah dan Pambudhi, Reza Arief 2015, Tingkat Literasi Keuangan pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. Skripsi. http://jurnalmanajemen.petra. ac.id. Diakses 30 Maret 2020.

Faidah, Faridhatun. 2019. Pengaruh Literasi Keuangan dan Faktor Demografi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa. Journal of Applied Business and Economic Vol. 5 No.3, 251-263.

Aminatuzzahra. (2015). Persepsi Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Sosial Demografi Terhadap Perilaku Keuangan dalam Pengambilan Keputusan Investasi Individu Studi Kasus Pada Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Diponegoro. Jurnal Bisnis Strategi, 70-96.

Herdjiono, I., Damanik, L. A., & Musamus, U. (2016). Pengaruuh Financial Attitude, Financial Knowledge, Parental Income Terhadap Financial Management, Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Tahun 9. No. 3, Desember 2016 (3), 226–241.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.