stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH | Alfillaili | Prosiding Conference on Research and Community Services

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH

Efi Alfillaili, Jauhara Dian Nurul Iffah

Abstract


Proses pembelajaran sering ditemukan suatu masalah matematika yang belum atau tidak terpecahkan oleh siswa, karena kemampuan literasi matematika siswa. Upaya konfirmasi ada dan tidaknya masalah dalam pembentukan kemampuan literasi siswa dapat diketahui berdasarkan hasil belajar atau kemampuan pemecahan masalah matenatika. Dengan demikian berdasarkan hasil pemecahan masalah sangat penting untuk mengetahui profil kemampuan literasi matematika siswa yang kemudian dapat digunakan oleh guru untuk acuan sebagai upaya meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan teori John Dewey. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian metode analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah subjek dengan kemampuan matematika tinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif kualitatif yang memberikan gambaran mengenai kemampuan literasi matematika siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan teori John Dewey. Hasil penelitian disimpulkan bahwa proses pemecahan masalah oleh subjek telah memenuhi indikator literasi matematika siswa dalam memecahkan masalah berdasarkan teori John Dewey. Dengan demikian subjek memiliki kemampuan literasi matematika yaitu kemapuan mengidentifikasi variabel matematika, membuat asumsi dengan mengambil pengetahuan, memahami konteks untuk memecahkan masalah, dapat membedakan bagian dari konsep atau prosedur matematika, dapat menerapkan konsep dan prosedur, menemukan kesalahan dalam suatu proses pemecahan masalah, dan memeriksa kesimpulan dari hasil pemecahan masalah sesuai dengan data identifikasi masalah

.


Keywords


kemampuan literasi matematika,pemecahan masalah.

Full Text:

PDF

References


Upu, H. (2003). Problem Possing dan Problem Solving

dalam Pembelajaran Matematika. Bandung:

Pustaka Ramadhan.

OECD. 2010. PISA 2012 Result. PISA 2012 Results. in Focus What 15-year olds know and what they can do with what they know. OECD. http://www.oecd.org.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. (Online). (http://www.nctm.org)

Permendiknas No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Mata Pelajaran Matematika.

Kern, R. 2000. Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framewrok:Matemathics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy, OECD Publishing. http://dx.doi.org/10.1787/978926419 0511-en

Wells, G. 1987. “Apprenticeship in Literacy.” Interchange, 18, (1/2) (Spring/Summer), hlm. 109-123.

Dahlin, B & Watkins, D., (2000), The role of repetition in the pocesses of memorizing and understanding: A comparison of the views of German and Chinese secondary school students in Hong Kong, ”British Journal of Educational Psychology”, 70, 65-84.

Wachira P, Pourdavood R, dan Skitzki, R., (2013), Mathematics Teacher’s Role in Promoting Classroom Discourse,”International Journal for Mathematics and Learning”,http://www.cimt.plymouth.ac.uk/journal).

Permendiknas No 081A Tahun 2013 tentang Pedoman Umum Pembelajaran Kurikulum 2013

Marton, F & Saljo, R.,(1976),”The experiences of learning”, Edinburg, UK: Scottish Academy Press.

Lie, S.,(2006),”Mathematics education in diferent cultural traditions: A comparative study of East Asia and the West”,New York: Springer.

Watkins, D & Biggs, J.B.,(2001), The paradox of the Chinese learner and beyond,”Teaching the Chinese learner. Psycological and pedagogical perspectives”,Melbourne: ACCER.

Watson, A & Chick,(H. 2011), Qualities of examples in learning and teaching,”ZDM: The international journal in mathematics education 43(3)”.DOI10.1007/s11858-010-0301-6.

Lauder and Brown, P.,(2006),”Education, globalization, and social change”, Oxford, UK: Oxford University Press.

Watson, A & Mason, J.,(2006), Seeing an exercise as a single mathematical object: Using variation to structure sense-making,”Mathematical Thinking and Learning”, 8(2), 91-111.

Watson, A & Chick,(H. 2011), Qualities of examples in learning and teaching,”ZDM: The international journal in mathematics education 43(3)”.DOI10.1007/s11858-010-0301-6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol