stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA | Jauhariyah | Prosiding Conference on Research and Community Services

ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Lia Jauhariyah

Abstract


Pelaksanaan pendidikan di Indonesia tak lepas dari penggunaan kurikulum di dalamnya. Sejak tahun 2013 hingga saat ini pelaksaan pembelajaran di Indonesia telah menggunakan dan mengacu pada sistem kurikulum 2013 (lebih dikenal dengan sebutan kurikulum 13). Pada pelaksanaannya, kurikulum 13 dikenal dengan beberapa metode pembelajaran antara lain pendekatan saintifik. Metode ini dapat dikembangkan oleh guru dengan penggunaan beberapa model pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penyusunan RPP oleh guru dan implementasi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pengajar mata pelajaran matematika yang mempunyai masa kerja sekitar 15-20 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Peneliti menggunakan triangulasi waktu untuk keabsahan data. Data yang diperoleh kemudian dianalisis sesuai sintaks model pembelajaran discovery learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru dengan pendekatan saintifik model discovery learning pada pembelajaran matematika kelas VIII di SMP Ma’arif NU Miftahul Ulum sudah sesuai dan urut. Guru telah menyusun RPP sesuai dengan sintaks model discovery learning yakni pemberian rangsangan (stimulation), pernyataan/ identifikasi masalah (problem statement), pengumpulan data (data collection), pengolahan data (data processing), pembuktian (verification) dan menarik simpulan (generalization). Guru tidak mengimplementasikan pendekatan saintifik model discovery learning pada pembelajaran matematika kelas VIII di SMP Ma’arif NU Miftahul Ulum dengan benar, karena melalui video dikarenakan pembelajaran di Indonesia masih memberlakukan daring/ online. Namun guru masih menjelaskan tujuan pembelajaran dan mengajukan pertanyaan di awal kegiatan pembelajaran.


Keywords


pendekatan saintifik, model pembelajaran discovery learning, penyusunanan RPP, implementasi pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

References


Nana Syaodih Sukmadinata. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya.

Rusindrayanti & Santoso, Heru, Rusgianto. (2015). Implementasi Pendekatan Saintifik Mapel Matematika Kelas VII Tahun Pelajaran 2013/ 2014 pada Kurikulum 2013 DIY. Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), 10 (1): 80-94, (http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras), diunduh 18 Maret 2020.

Zulastri. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Materi Sifat Bangun Datar Siswa Kelas III MI Nurul Islam Semarang Tahun Ajaran 2016/ 2017. Tesis. Semarang, Indonesia: Universitas Islam Negeri Walisongo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol