OPTIMALISASI PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Dinna Ririn Agustina

Abstract


Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar bagi tatanan kehidupan manusia di muka bumi. Indonesia saat ini sudah banyak yang dikonfirmasi positif Covid-19. Sudah banyak upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia diberbagai bidang. Khususnya untuk bidang pendidikan, pemerintah dengan cepat mengeluarkan edaran Kemendikbud yang berisi Pembelajaran Daring untuk mencegak penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah. Pembelajaran Daring ini tentunya memberikan dampak yang berbeda bagi orangtua dan siswa. Perlu adanya kolaborasi antar guru dan orangtua agar pembelajaran Daring berjalan dengan semestinya. Peran orangtua sangat belas dalam pendidikan anak saat di rumah saja. Terlebih lagi nilai-nilai karakter yang bisa langsung di praktekkan dan di kontrol secara langsung oleh orangtua. Pengembangan karakter ini tentunya akan berdampak sangat baik bagi kehidupan anak dimasa depan. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dimana untuk menggunakan data yang valid dilakukan dengan wawancara langsung kepada orang tua di Kelurahan Bangunsari, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, memiliki tujuan untuk mengetahui pendidikan karakter apa saja yang di lakukan orangtua saat ana-anak belajar di rumah. Hasil dari penelitian yakni beberapa peran orang tua pada pendidikan karakter yang diberikan kepada adalah (1) Memberikan pendidikan karakter religius kepada anak, (2) Menumbuhkan pendidikan karakter disiplin pada anak, (3) Menumbuhkan pendidikan karakter jujur pada anak, (4) Menumbuhkan pendidikan karakter kreatif pada anak, (5) Menumbuhkan pendidikan karakter sosial pada anak. Harapannya adalah pendidikan karakter ini akan di implementasikan secara maksimal oleh anak, bukan hanya karena ada pandemi ini, tapi akan dilakukan seterusnya.


Keywords


Covid-19, Pendidikan Karakter, Peran Orangtua

Full Text:

PDF

References


Chan, J. F., Yuan, S., Koh, K. H., To, K. K., Chu, H., Yang J., … Yuen, K. Y. (2020). A Familial Cluster of Pneumonia Associated with The 2019 Novel Coronavirus Indicating 287 Person-To-Person Transmission: A Study Of Family Cluster. Lancet. 395(10223):514- 523.

Ghinai, I., McPherson, T. D., Hunter, J. C., Kirking, H. L, Christiansen, D., Joshi, K., … Layden, J. E.: Illinois COVID-19 Investigation Team. (2020). First known person-toperson transmission of severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) in the USA. Lancet. pii: S0140-6736(20)30607-3.

Hulukati, W. (2015). Peran Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Musawa IAIN PALU, 7(2), 265-282.

Candra, A. N., Sofia2, A., & Anggraini, G. F. (2013). Gaya Pengasuhan Orang Tua pada Anak usia Dini Ariya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53 (9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Gerring, J. (2007). Case Study Research: Principles and Practices. New York: Cambridge University Press.

Heriyanto, H. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva. https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324

Alfiana, E. (2013). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Dalam Keluarga Pada Bidang Pendidikan Di Dusun Pandanan Desa Pandanan Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten. [Universitas Negeri Yogyakarta]. In Skripsi. https://doi.org/10.1016/j.bbapap.2013.06.007

Alwisol. (2014). Psikologi Kepribadian, Edisi Revisi. Malang: UMM Press.

Fudyartanta, Ki. (2012). Psikologi Kepribadian. Jakarta:Pustaka Pelajar.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020. Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19. https://kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkanse-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid-19. Diakses 30 Maret 2020.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Menjadi Orang Tua Hebat Untuk Keluarga dengan Anak Usia Dini. In My Hero (Vol. 98, Issue 25). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://118.98.227.114/glnsite/wpcontent/uploads/2017/09/Juknis_PAUD.pdf

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017) Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. 288 tersedia di halaman web. https://www.kemdikbud.go.id/main/ blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahanpendidikan-nasional. Diunduh Tanggal 21 Mei 2020

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 30 Tahun 2017 tentang Pelibatan Keluarga Pada Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Waktu Berkualitas Bersama Anak. Sahabat keluarga. Kemdikbud.Go.Id. https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/uploads/Dokumen/4483_2017- 02-13/Waktu Berkualitas Bersama Anak.pdf

Kurniati, Euis., Dina Kusumanita Nur Alfaeni., Fitri Andriani. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 1 (2021) Pages 241-256.

Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter, Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta : ArRuzz Media. Hlm. 136

Kusuma, D. A. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Grobal. Jakarta: Grasindo.

Listyarti, Retno. 2013. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatis, & Kreatif. Jakarta: Erlangga.

Nazerly, M. K. (2020). Implementasi zoom, google classroom, dan whatsapp group dalam mendukung pembelajaran daring (online) pada mata kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi kasus pada 2 kelas semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Publik, 4(2), 155-156.

Nunan, D. (1992). Research Method in Language Leraning. New York. Cambridge University Press.

Purandina, I Putu Yoga., I Made Astra Winaya. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan. Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47-58. Suharyanto. 2020. Kumpulan Peraturan Perundangan Undangan tentang Covid 19. Jakarta. Ikatan Pustakawan Indonesia.

Supranoto, H. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran SMA. Jurnal Promosi 3(1), 36-49.

Teguh, M. (2015). Difusi Inovasi dalam Program Pembelajaran Jarak Jauh di Yayasan Trampil Indonesia. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Kristen Petra, 2015. https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/907

Tetep. (2017). Menggali Nilai-Nilai Karakter Sosial dalam Meneguhkan Kembali Jati Diri Ke-Bhineka-an Bangsa Indonesia. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III. 11 November 2017, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Tim Kerja Kementerian Dalam Negeri. 2020. Pedoman Umum Menghadapi Pandemi COVID-19 Bagi Pemerintah Daerah; Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis dan Manajemen. Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.