THE EFFECT OF PROJECT-BASED LEARNING MODEL TO ENTREPRENEURIAL SPRIRIT OF ECONOMIC EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS AT STKIP PGRI JOMBANG

Diah Dinaloni

Abstract


Pendidikan kewirausahaan, khususnya di Perguruan Tinggi masih banyak diperbincangkan. Hal ini disebabkan karena: (1) adanya ketidakseimbangan antara materi teori dan praktik; (2) dosen belum menyadari pentingnya praktik kewirausahaan; (3) mahasiswa belum mampu menciptakan ide dan melirik peluang usaha yang ada di lingkungannya dikarenakan kurangnya pemahaman tentang praktik kewirausahaaan; dan (4) proses pembelajaran kewirausahaan belum memanfaatkan peran stakeholder secara maksimal. Perguruan Tinggi mempunyai tiga peran dalam pendidikan kewirausahaan, yaitu sebagai fasilitator budaya kewirausahaan, mediator keterampilan, dan lokomotif pengembangan bisnis regional, sehingga hakekat tujuan pendidikan kewirausahaan di Perguruan Tinggi bukan sekedar mencetak pencari kerja, tetapi juga sebagai pencipta lapangan kerja. Berdasarkan peran Perguruan Tinggi tersebut, upaya yang dilakukan salah satunya adalah dengan menggunakan inovasi model pembelajaran yang tepat, yang tentu saja diharapkan bisa meningkatkan semangat berwirausaha mahasiswa. Pembelajaran yang dirasa bisa meningkatkan semangat berwirausaha mahasiswa adalah model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap semangat berwirausaha mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi sekaligus sampel adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang angkatan 2017 yang berjumlah 35 orang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dengan instrumen kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t, analisis regresi linier sederhana, dan uji koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap semangat berwirausaha mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang, dibuktikan dengan nilai signifikansi dari thitung lebih kecil dari 0,05 atau 0,032 < 0,05. Koefisien determinasi ((R2) sebesar 0,133. Hasil penelitian ini sangat penting karena semangat berwirausaha memainkan peranan penting dalam dunia bisnis dan ekonomi, mengingat mahasiswa sebagai kaum intelek di masa depan perlu ditantang untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dengan cara dan ide yang kreatif.

 


Keywords


: Pembelajaran berbasis proyek, semangat berwirausaha

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Republik Indonesia No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Sarjono, dkk. 2012. Hasil Evaluasi Program Studi Kewirausahaan. IKIP, Bojonegoro. Tidak Dipublikasikan.

Clouse, R. W.. Aniello. J.. & Biernaeki. J . 2005. A Problem–Based Learning Environment for Enginering Entrepreneurship. Prosiding of the 2005 American Society for Enginering Education Annual Conference & Exposition

Aghajani,H., & Abbasqholipour, M. 2012. Explanation of Relationships Between Biographical Caracteristics and Entrepreneurship Spirit of Students. Iranian Journal of Management Studies (IJMS). Vol 5, No. 1, January 2012. Pp. 63 – 78.

Daryanto, Aris Dwi Cahyono. 2013. Kewirausahaan (Penanaman Jiwa Kewirausahaan). Yogyakarta: Gava Media

Purbalaksmi, Dante, N. & Suhandana, A. 2013.Pengaruh Model Berbasis Proyek Terhadap kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Seni Rupa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.

Wurdinger & Mariam. 2014. Enhancing College Students’ Life Skill through Project Based Learning. Innovatie Higher Inovation, 39 (5).

Sumarni, W. 2015.The Strenghts and Weaknesses of The Implementation of Project Based Learning: A Review. International Journal of Science and Research (IJSR), 4 (3) : 478 – 484.

Farida, Eka, Ery Tri Djatmika, Bambang Banu Siswoyo dan Mit Witjaksono. 2017. “Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Proyek Untuk Menumbuhkan Semangat Wirausaha Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro”. JPEK. 1 (1), 8-18


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.