MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VIII-B ALQUR’AN HADITS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI MTSN TAPANULI UTARA
Abstract
Penelitian tindakan kelas diperlukan karena berdasarkan data nilai ulangan harian Alqur’an hadits di kelas VIII B dengan nilai rata-rata kelas adalah 69,75 yang berarti bahwa masih di bawah ketuntasan kriteria minimal (KKM) yaitu sebesar ≥75, maka tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar Alqur’an hadits kelas VIII B melalui model pembelajaran Make a Match. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII B MTsN Tapanuli Utara semester genap 2019/2020 yang berjumlah 40 orang. Desain penelitian yang akan digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Metode Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, post-test, dan wawancara. Persentase hasil belajar siswa pada kegiatan pra-siklus ke siklus 1 mengalami peningkatan yang awalnya 61,11% menjadi 77,77% dengan hasil perolehan nilai N-gain sebesar 0,332 yang berarti peningkatan dalam kategori sedang. Kemudian hasil belajar dari siklus 1 mengalami peningkatan pada siklus 2 yaitu menjadi 94,4% dengan hasil perolehan nilai N-gain sebesar 0,459 yang berarti peningkatan dalam kategori sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar Alqur’an hadits siswa kelas VIII B MTsN Tapanuli Utara Tahun Ajaran 2019/2020.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services