ANALISIS RENDAHNYA FOKUS BELAJAR SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

Aminudin Juhri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rendahnya focus belajar siswa berdasarkan kemampuan matematika menggunakan teori Polya.. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS-1  dengan 3 orang subjek yakni siswa yang memiliki nilai matematika tinggi, sedang dan rendah dengan mengacu perolehan nilai tes kemampuan matematika. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dibantu dengan lembar tes kemampuan  dan angket tentang focus belajar yang didesain agar sesuai dengan indikator pemecahan masalah. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa: 1)Siswa dengan Kemampuan Matematika Tinggi memiliki perilaku belajar membaca beberapa  kali untuk mengerti, tidak perlu membaca dengan suara keras, lebih banyak mendengarkan  penjelasan guru, tidak sulit konsentrasi, tidak  melamun dan mengantuk, selalu mengerjakan tugas tepat waktu,bisa memahami materi  tanpa bersama teman, selalu mengerjakan soal-soal yang lebih mudah,  membuat ringkasan, belajar dengan baik tanpa sambil mendengarkan musik atau makan makanan ringan, senang dengan semua mapel. 2) Siswa dengan Kemampuan Matematika Sedang memiliki perilaku belajar membaca berulang kali untuk mengerti, membaca dengan suara keras, lebih banyak mendengarkan  penjelasan guru, tidak mengalami kesulitan untuk konsentrasi, tidak cenderung melamun dan mengantuk, selalu mengerjakan tugas tepat waktu, lebih paham dengan belajar bersama teman, selalu mengerjakan soal-soal yang lebih mudah,  membuat ringkasan, dapat belajar dengan baik tidak harus  sambil mendengarkan musik atau makan makanan ringan, tidak senang dengan mata pelajaran tertentu guru. 3) Siswa dengan Kemampuan Matematika rendah memiliki perilaku belajar  membaca berulang kali untuk mengerti , membaca dengan suara keras, lebih banyak mencatat penjelasan guru, mengalami kesulitan untuk konsentrasi, cenderung melamun dan mengantuk, sering tidak mengerjakan tugas tepat waktu, lebih paham  dengan belajar bersama teman, selalu mengerjakan soal-soal yang lebih mudah, tidak membuat ringkasan, dapat belajar dengan baik apabila sambil mendengarkan musik atau makan makanan ringan, tidak senang dengan mata pelajaran tertentu.


Keywords


Fokus belajar, Kemampuan Matematika, Teori Polya

Full Text:

PDF

References


Sanjaya, 2020, Strategi Pembelajaran :Berorientasi Standart Proses Pendidikan Jakarta, Kencana cet.3 Creswell, 2019. Research Design:Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putrawangsa, 2017. Desain Pembelajaran Matematika Realistik. Mataram: CV. Rekarta.

Sumadi, 2015, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali.

Agusnadi. 2010. ”Teori Belajar Polya”. http://mediateropongsiswa.blogspot.com, Diakses tanggal 5 Mei 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.