DESKRIPSI KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI JOHN DEWEY PADA PENERAPAN PENDEKATAN PMRI

Pamiluwati Pamiluwati

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah atematika berdasarkan teori John Dewey pada penerapan pendekatan PMRI. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 4 Mojokerto dengan 3 orang subjek yakni siswa yang memiliki nilai matematika tinggi, sedang  dan rendah dengan mengacu perolehan nilqi PAT. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dibantu dengan lembar kegiatan siswa dan wawancara yang didesain agar sesuai dengan indikator pemecahan masalah. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa: kemampuan subjek melakukan dua kali penugasan dengan masalah yang sama mengacu pemecahan masalah aritmatika sosial  menurut teori John Dewey yaitu 1) dalam hal memahami masalah subjek memisahkan informasi pada soal, menjadi hal-hal apa yang diketahui dan  subjek juga dapat menjelaskan situasi pada soal dengan bahasanya sendiri, 2) subjek mengaitkan permasalahan dengan pengalaman sehari-hari, 3) dalam membuat rencana pemecahan masalah subjek menggunakan sobekan kertas untuk menjelaskan hitungan, 4) melaksanakan rencana subjek menuliskan banyaknya keranjang yang terpenuhi dan mendaftar isi tiap keranjang, 5) Memeriksa Kembali Jawaban Subjek yang diperoleh dengan menghitung kembali jumlah dan isi keranjang serta sisanya, 6) menyimpulkan dengan bahasa sendiri.


Keywords


PMRI, pemecahan masalah, aritmatika sosial, tahapan John Dewey

Full Text:

PDF

References


Sanjaya, 2020. Strategi Pembelajaran :Berorientasi Standart Proses Pendidikan Jakarta, Kencana cet.3

Creswell, 2019. Research Design:Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Putrawangsa, 2017. Desain Pembelajaran Matematika Realistik. Mataram, CV. Rekarta.

Rianto,Yusmin,Nursangaji,2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Teori John Dewey Pada Materi Trigonometri (https://www.academia.edu, diakses tanggal 25 Juni 2020).

Wijaya, 2012. Pendidikan Matematika Realistik;Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika, Yogyakarta,Graha Ilmu. https://www.akseleran.co.id/blog/pendidikan-adalah/ Danoebroto, 2008. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Improving Problem Solving Skill Using The PMRI And Metacognitive Training.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.