UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BANGUN RUANG MELALUI MEDIA KARTON BEKAS SNACK

Mambaul Ulum

Abstract


Pembelajaran Matematika umumnya didominasi oleh pengenalan rumus serta konsep secara verbal, tanpa ada perhatian yang cukup terhadap pemahaman siswa. Kondisi ini tampak lebih parah pada pembelajaran geometri. Siswa hanya mengenal objek-objek geometri dari apa yang digambar oleh guru di depan papan tulis atau dalam buku paket matematika, dan hampir tidak pernah mendapat kesempatan untuk memanipulasi objek tersebut. Akibatnya banyak siswa yang berpendapat bahwa konsep geometri sangat sukar dipelajari. Untuk mengatasi masalah di atas, perlu diadakan penelitian tindakan tentang penggunaan media atau alat peraga dalam pembelajaran materi jaring-jaring bangun ruang. Dengan serangkaian tindakan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan evaluasi, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami materi jaring-jaring bangun ruang. Sementara itu di masyarakat, terdapat banyak media yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran secara langsung untuk materi bangun ruang. Misalnya karton bekas snack, bekas bungkus rokok, atau karton yang lain banyak tidak dimanfaatkan bahkan di buang saja. Karton bekas inilah yang peneliti akan manfaatkan sebagai media pembelajaran materi bangun ruang sub materi jaring-jaring bangun ruang. Dengan subyek penelitian ini adalah kelas 7A MTsN 2 Kota Kediri tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan secara kualitatif. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Sesuai dengan jenis data yang dikumpulkan, ada dua teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa mayoritas siswa kelas 7 kesulitan menggambar dan memahami bentuk jaring-jaring bangun ruang, terutama jika ada variasi bentuk soal jaring-jaring. Penggunaan media karton bekas snack sangat membantu siswa kelas 7 dalam mengatasi kesulitan menggambar dan memahami bentuk jaring-jaring bangun ruang, terutama jika ada variasi bentuk soal jaring-jaring.


Keywords


: Penelitian tindakan, jaring-jaring bangun ruang, karton bekas.

Full Text:

PDF

References


Ruseffendi, E.T. 2010. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya (Edisi Cetak pertama). Bandung: Tarsito.

Faizi, Mastur. 2013. Ragam Mengajarkan Eksakta pada Murid, Diva Press, Jogjakarta.

Nasution, S. 1995. Didaktik Azas-Azas Mengajar. Jakarta, Bumi Aksara.

Hamalik. 1980. Media Pendidikan. Bandung : Transito Alumni.

Depdikbud. 1996/1997. Media dalam Proses Pembelajaran I. Jakarta, Direktorat Pendidikan dasar dan Menengah.

Sudjana, N. 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung, Sinar Baru Algensindo.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Wiriaatmadja, R. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Moleong. Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gunawan dan Darmani, 2018, Model dan Strategi Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan. Nizamia Learning Center, Surabaya.

Soedjadi, R. 1999. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta, Dirjen Dikti, Depdikbud.

Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung, Rosdakarya.

Rasyid, Azis, dan Saleh. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Dalam Konsep Sistem Indera Pada Siswa Kelas XI SMA, Jurnal Pendidikan Biologi Volume 7, Nomor 2, Februari 2016, hlm. 69-80.

Sari, Farida, dan Syazali. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan, Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 7, No. 2, 2016, Hal 135 – 152.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.