PENGARUH PEMANFAATAN MS EXCEL DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI GRAFIK FUNGSI LOGARITMA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Yosa Herlanda Kusumastuti, Nurwiani Nurwiani

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah dalam pembelajaran matematika. Guru sebagai pihak yang berhubungan langsung dengan siswa dituntut untuk mampu mengemas kegiatan pembelajaran sehingga siswa menjadi aktif. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis komputer aplikasi Ms Excel untuk pembelajaran matematika materi grafik fungsi logaritma di kelas X SMA. Selain itu, motivasi belajar juga berpengaruh dalam kegiatan pembelajaran matematika. Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi akan lebih optimal dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga hal ini dapat memaksimalkan hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan Ms Excel dan motivasi belajar pada materi grafik fungsi logaritma terhadap hasil belajar matematika siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan one-shot case study design. Sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kertosono tahun pelajaran 2019/2020 yang telah dipilih menggunakan teknik convenience sample. Metode penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner pemanfaatan Ms Excel dan motivasi belajar yang dibagikan secara online serta dokumen hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh model regresi linier berganda pemanfaatan Ms Excel dan   motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa sebesar . Hasil perhitungan SPSS 20.0 for windows menunjukkan nilai Sig sebesar 0.000 < 0.05 dengan R2=98,7%, artinya ada pengaruh pemanfaatan Ms Excel dan motivasi belajar pada materi grafik fungsi logaritma terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 98,7%. Dengan demikian pemanfaatan Ms Excel dan motivasi belajar baik digunakan dalam pembelajaran matematika.


Keywords


Ms Excel, motivasi belajar , hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional. (http://peraturan.bpk.go.id). Diakses tanggal 5 Nopember 2019.

Widiasworo, E. (2017). 19 Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta, Indonesia: Ar – Ruzz Media.

Martiningsih, Rr. (2015). Efektivitas Pemanfaatan Ms Excel dalam Pembelajaran Matematika di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. (https://media.neliti.com/media/publications/286930-efektivitas-pemanfaatan-ms-excel-dalam-p-ffd57777.pdf). Diakses tanggal 3 Juni 2020.

Soleha & Tendri, M. (2010). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. (https://jurnal.um-palembang.ac.id). Diakses tanggal 1 Juni 2020.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cresswell, J.W. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.