PENGARUH METODE PEMBELAJARAN REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Siti Nur Laili Maghfiroh, Ririn Febriyanti

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh peneliti ingin mengetahui pengaruh metode pembelajaran Reward and Punishment terhadap hasil belajar matematika. Peneliti memberikan Reward and Punishment agar siswa lebih bersemangat pada saat proses pemebelajaran berlangsung sehingga akan berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan quasi experimental design yaitu the non equivalent posttest-only control grup design yang dilaksanakan di SMPN 2 Patianrowo. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 2 Patianrowo yang terbagi dalam 4 kelas sebanyak 140 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling. Terpilih peserta didik kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa lembar tes, Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Data dianalisis dengan (uji t), uji t yang digunakan yaitu uji perbedaan rata-rata dua sampel bebas atau independent sampel t test. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji-t dengan uji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas data. Selanjutnya, dari hasil uji-t menggunakan independent samples test didapatkan nilai sig atau 0,000 0,05. Jadi, ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas control sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh Metode Pembelajaran Reward and Punishment terhadap hasil belajar matematika.


Keywords


Reward and punishment, Hasil Belajar Matematika.

Full Text:

PDF

References


Arikonto, S. 2010 Produser Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Lestari, Karunia E & Yudhanegara, Mokhammad R. 2017. Penelitihan Pendidikan Matematika. Bnadung. PT Refika Aditama.

Abdurrahman Asari, dkk. 2017. Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 1. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Ahmadi, R.2018. Profesi Keguruan Konsep & Strategi Mengembangkan Profesi & Karier Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Benny A. Pribadi. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

Isrok’atun & Rosmala, A. 2018. Model – Model Pembelajaran Matematika, Jakarta : Bumi Aksara.

Jasa Ungguh Muliawan (2016). 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa, E. 2009. MenjadIGuru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Priyo Darmanto dan Pujo Wiyoto. (2015).Kamus Inggris-Indonesia Indonesia- Inggris, (Surabaya: Arkola).

Purwanto. (2010).Evaluasi Hasil Belajar, (Jogjakarta : Pusaka Pelajar).

Rozak, A. & Hidayati, W S. 2014. Pengolahan data dengan SPSS. Jombang: STKIP PGRI Jombang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.