IDENTIFIKASI TINGKAT KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MOJOWARNO

Virga Ariana Herawati, Abdul Rozak

Abstract


Abstrak

Dalam proses pembelajaran matematika ada beberapa kemampuan yang harus dikuasi oleh siswa salah satunya kemampuan penalaran. Setiap siswa memiliki kemampuan penalaran yang berbeda-beda berdasarkan tingkat kemampuan penalarannya. Disetiap tingkat kemampuan penalaran memiliki karakteristik tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan penalaran dan mengetahui karakteristik kemampuan penalaran siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mojowarno. Penelitian ini merupakan jenis penelitian mix method. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan penalaran siswa antara lain: (1) menyajikan pernyataan matematika secara tertulis atau gambar, (2) memberikan penjelasan dengan menggunakan model, fakta, sifat, hubungan atau pola, (3) menggunakan pola dan hubungan untuk menganalisis situasi matematika, (4) menyusun bukti dan memberikan asalan terhadap kebenaran solusi dan (5) menarik kesimpulan. Metode pengumpulan data terdiri dari metode tes dan metode wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahawa 13 % siswa berkemampuan penalaran tinggi, 78% siswa berkemampuan penalaran sedang dan 9% siswa beekemampuan penalaran rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kelas didominasi oleh kemampuan penalaran siswa dalam kategori sedang.


Keywords


Tingkat Kemampuan Penalaran, Kemampuan Penalaran, Karakteristik Kemampuan Penalaran

Full Text:

PDF

References


. Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standart Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.

. Lestari, A. S., Aripin, U.,& Hendrian, H. (2018). Identfikasi Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Penalaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Analisis Kesalahan Newman.(online).(http://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=identfikasi+kesalahan+siswa+smp+dalam+menyelesaikan+soal+kemampuan+penalaran+matematika+pada+materi+bangun+ruang+sisi+datar+dengan+analisis+kesalahan+newman&btng=), diunduh 3 April 2020

. Linola, D.M., Marsitin, R & Wulandari, T.C. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Di SMAN 6 Malang. (online), (http://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=analisis+kemampuan+penalaran+matematis+peserta+didik+dalam+menyelesaikan+soal+cerita+di+sman+6+malang&btng=). diunduh 3 April 2020

. NCTM. (2000). Principles and Standart for School Mathematics. (online). (https://ardiyansyahmuhlis.blogspot.com/2015/11/nctm-standard-2000.html), diunduh 13 Desember 2019.

. Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Buni Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.