BAHASA INDONESIA’S INTERFERENCE INTO ENGLISH WRITING SKILL BY EFL STUDENTS

Rafita Sari, Muh Fajar

Abstract


Fenomena transfer Bahasa dari sumber Bahasa pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya ke dalam Bahasa lain atau yang disebut dengan interferensi menjadi suatu perhatian untuk dikaji dalam bidang kebahasaan. Indonesia adalah negara yang berkembang, dan untuk mendapatkan predikat sebagai negara maju maka masyarakatnya setidaknya mampu menguasai Bahasa

inggris sebagai Bahasa internasional. Oleh karenanya, Bahasa inggris sebagai Bahasa asing dijadikan sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah guna mendukung penguasaan Bahasa inggris untuk seluruh masyarakat di Indonesia. Namun, seringnya siswa di sekolah merasa sulit untuk mengaplikasikan struktur Bahasa inggris dengan benar, dan lebih memilih untuk mentransfer struktur Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: (1) bentuk-bentuk interferensi leksikal dan gramatikal dari Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Inggris, dan (2) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi interferensi. Penelitian ini menggunakan kualitatif yang berlokasi di SMA Negeri Ngoro, khususnya siswa X IPS 3, terdapat 25 responden yang dipilih sesuai dengan kriteria penelitian. Serta, kuisioner yang digunakan untuk menggali informasi lebih dalam terkait dengan faktor-faktor yang menyebabkan siswa menginterferensi Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Inggris menunjukkan bahwa beberapa faktor menjadi pemicu adanya interferensi, antara lain adalah faktor sosial, faktor perkembangan siswa, markedness, dan prototypicality. Kesimpulannya, interferensi dari Bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Inggris masih terjadi dengan jumlah yang besar, khususnya dalam penggunaan kata dan struktur Bahasa Indonesia yang diterjemahkan secara langsung. Namun, interferensi dapat saja diatasi dengan membiasakan penggunaan Bahasa Inggris selama kelas berlangsung dengan dampingan guru, guna membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris dalam segi penulisan dengan menggunakan leksikal dan struktur Bahasa yang sesuai dengan tata aturan Bahasa Inggris.

 


Keywords


Interferensi, Bahasa Indonesia, Keterampilan Menulis

Full Text:

PDF

References


Finegan, E., Blair, D., and Collins, P., (1997). Language. Its Structure and Use. Second Edition. Australia: Harcourt Brace and Company.

Anjasmita, K. M. (2012). The Interference of Bahasa Indonesia in English Oral Production: A Contrastive Analysis Of The First Grade Students of SMA N 1 Purworejo in The Academic Year 2011/2012. UMP Journal.

Ellis, R. 1968. Second Language Acquisition Oxford: Oxford University Press.

Ellis, R. 1997. Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University Press.

Saville, M. (2006). Introducing Second Language Acquisition. New

Delhi: Cambridge University Press.

Ardiana, Leo Idra. (1990). Analisis Kesalahan Berbahasa.Surabaya: FPBS IKIP Negeri Surabaya.

Samingan, A. (2016). First Language Interference in EFL Students’ Composition of IAIN Salatiga. Thesis is not published. Surakarta, Indonesia: UMS

Urdaneta, J. L. (2011). Spanish-English Writing Structure Interferencces in Second Language Learners. GIST EDUCATION AND LEARNING RESEARCH JOURNAL, 158.

Manan, N. A. (2017). Mother Tongue Interference in the Writing of English as a Second Language (ESL) Malay Learners. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 1294.

Cresswell, J, W. (2010e). Research Design Qualitative and Quantitative Approaches. Sage Publications, London

Ary, D. (2010). Introduction to Research in Education (Eighth Edition). USA: Wadsworth


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.