PERAN GURU DALAM PENGUATAN KARAKTER DISIPLIN BELAJAR MELALUI REWARD DAN PUNISHMENT

Nia Agustina, Agung Kesna Mahatmaharti

Abstract


Pendidikan karakter merupakan hal yang penting untuk diterapkan dan diajarkan di sekolah. Khususnya dalam rangka menguatkanan karakter disiplin belajar pada peserta didik. Reward dan punishment merupakan salah satu cara yang dapat digunakan dalam melaksanakan penguatan pendidikan karakter disiplin belajar pada peserta didik. Alasan pemilihan topik ini berawal dari rasa keingintahuan peran guru dalam penguatan disiplin belajar peserta didik dengan penerapan reward dan punishment. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam penguatan karakter disiplin belajar melalui reward dan punishment dan faktor pendukung dan penghambat dalam penguatan karakter disiplin belajar melalui reward dan punishment. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan studi dokumen. Berdasarkan fungsi triangulasi sumber diperoleh hasil penelitian bahwa peran guru dalam penguatan disiplin belajar melalui reward dan punishment pada peserta didik yaitu, menjadikan peserta didik disiplin dalam masuk kelas, disiplin dalam mengikuti pelajaran di kelas, disiplin dalam mengerjakan tugas, disiplin belajar di rumah, disiplin dalam mentaati tata tertib sekolah dan faktor pendukung dalam penguatan disiplin belajar melalui reward dan punishment yaitu adanya dukungan dari semua pihak, sedangkan faktor penghambat dalam penguatan disiplin belajar melalui reward dan punishment yaitu kurangnya kesadaran diri  peserta didik . Dengan adanya penelitian ini diharapkan guru lebih meningkatkan disiplin belajar pada peserta didik sehingga banyak peserta didik yang mendapatkan reward dan meminimalisir pemberian punishment.


Keywords


Peran guru, disiplin belajar, reward dan punishment

Full Text:

PDF

References


Saidah. 2016. Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Wahyuni, Tri. 2018. Pengaruh Reward and Punishment Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Sukabumi Indah Bandar Lampung,http://repository.radenintan.ac.id/5946/1/SKRIPSI%20TRI%20WAHYUNI.pdf. diakses 19 Agustus 2020.

Rosyid. 2018. Reward dan Punishment Dalam Pendidikan. Malang : CV Literasi Nusantara Abadi.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sulha. 2017. Peran Guru Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Pada Siswa Kelas Xi Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/download/4274/3829. diakses 20 Agustus 2020.

Mahatmaharti, Agung Kesna. 2017. Efek Pemodelan Kognitif Self Instructional Training terhadap Disiplin Diri Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama. http://repository.um.ac.id/63524/. diakses 19 Agustus 2020.

Hadianti, Leli Siti. 2008. Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/download/11/11 . diakses 21 Agustus 2020.

Sari, Dewi Aprilia. 2019. Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di Sd Unggulan Uswatun Hasanah. https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/456/pdf. diakses 21 Agustus 2020.

Fitriyah, Ibanatul. 2018. Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Pada Siswa Kelas IV di MI Annidhomiyah Kabupaten Pasuruan. http://etheses.uin-malang.ac.id/11201/1/13140102.pdf. diakses 20 Agustus 2020.

Gani, Yon. 2018. Penerapan Reward and Punishment melalui Tata Tertib Sistem Point dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Karakter. https://media.neliti.com/media/publications/291178-penerapan-reward-and-punishment-melalui-4b72755c.pdf. diakses 20 Agustus 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.