ANALISIS KESADARAN METAKOGNITIF MAHASISWA CALON GURU DALAM MENGAJAR

Abd. Rozak

Abstract


Pentingnya pelibatan aktivitas metakognitif dalam proses pembelajaran dikarenakan guru seharusnya dapat memantau dan mengontrol berjalannya strategi yang direncanakan, memantau ketercapaian tujuan pembelajaran, serta mengevaluasi proses pembelajaran. Artikel ini menjelaskan tentang analisis pelibatan kesadaran metakognitif calon guru dalam pembelajaran micro teaching terkait jenis kelamin dan pengalaman mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Subjek penelitian adalah 45 mahasiswa semester 6 calon guru Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Jombang. Intrumen penelitian berupa angket Metacognitive Activity Inventory for Teacher (MAIT). Data diperoleh dengan meminta subjek mengisi angket MAIT berdasarkan pengalaman mengajar saat pembelajaran micro teaching. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis varians dua arah. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata skor MAIT secara signifikan berdasarkan jenis kelamin dan pengalaman mengajar.

 


Keywords


metakognisi, Metacognitive Activity Inventory for Teacher, micro teaching,

Full Text:

PDF

References


. Khoiriah, T., 2015. Pengaruh strategi belajar metakognitif terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem pencernaan pada manusia: Kuasi eksperimen di SMAN 8 Tangerang Selatan.

. Namira, Z.B., Kusumo, E. and Prasetya, A.T., 2014. Keefektifan strategi metakognitif berbantu advance organizer untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(1).

. Anggo, M., 2011. Pelibatan metakognisi dalam pemecahan masalah matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika.

. Chairani, Z., 2016. Metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika. Deepublish.

. Romli, M., 2012. Strategi membangun metakognisi siswa SMA dalam pemecahan masalah matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2/September).

. Yasir, M., 2013. Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis strategi belajar metakognitif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pewarisan sifat manusia. BioEdu, 2(1), pp.77-83.

. Utomo, C.B., 2015. Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sejarah Berorientasi Metakognitif Jenjang SMA. Paramita: Historical Studies Journal, 25(1).

. Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.54 Tahun 2013 tentang Standar Kelulusan. Jakarta: Kemendikbud

. Gani, U. A. 2014. Aktivitas metakognisi mahasiswa calon guru matematika dalam pemecahan masalah terbuka. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2).

. Rawa, N. R. 2017. Tingkat Metakognisi Mahasiswa Program Studi PGSD Pada Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Introvert-Extrovert. Jurnal Tunas Bangsa, 4(2), 229-245.

. Livingston, J., 1997, Metacognition: An Overview, Dari www.gse.buffalo.edu/fas.

. Schraw, G. 1995. Promoting general metacognitive awareness. Instructional Science, 25,113-125

. Lai, E., R., 2011. Metacognition: A Literature Overview, Research Report, Pearson,

. Magiera, M.T & Zawojewski, J.S., (2011), Characterizations of Social-Based and Self-Based Contexts Associated with Students’ Awareness, Evaluation, and Regulation of Their Thinking During Small-Group Mathematical Modeling. Journal for Research in Mathematics Education. 42(5), 486-516.

. Wilson, J., & Clarke, D. 2004. Towards the Modelling of Mathematical Metacognition. Mathematics Education Research Journal. 16(2), 25-48.

. Schraw, G., & Dennison, R.S. 1994. Assessing metacognitive awareness. Contemporary Educational Psychology, 19(4), 460–475.

. Balcikanli, C. 2011. Metacognitive Awareness Inventory for Teachers (MAIT). Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 9(3), 1309–1332.

. Jiang, Y., Ma, L., & Gao, L. 2016. Assessing teachers' metacognition in teaching: The teacher metacognition inventory. Teaching and Teacher Education, 59, 403-413.

. Creswell, J.W., 2012. Educational Research Design: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitatve Research, Boston: Pearson.

. Rozak, A. dan Hidayati, W.S. 2019. Pengolahan Data dengan SPSS, Erhaka Utama:Yogyakarta.

. Rozak, A. 2012. Pengantar Statistika. Cita Intrans Selaras (Intrans Publishing): Malang

. Antika, L.T., Budiyono, A., Haikal, M. and Hotimah, H., 2019, December. Metacognitive Skills Mahasiswa Calon Guru Biologi: Analisis Berbasis Gender. In National Conference on Mathematics, Science and Education (NACOMSE) (Vol. 2, No. 1, pp. 135-142).

. Daud, M., 2013. Deskripsi Kesadaran Metakognitif Siswa dan Guru pada Pembelajaran Biologi. Skripsi, 1(431409015).

. Chrissanti, M.I. and Widjajanti, D.B., 2015. Keefektifan pendekatan metakognitif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan minat belajar matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), pp.51-62.

. Rozak, A. and Amrulloh, A., 2019. EFEKTIVITAS SCAFFOLDING METAKOGNITIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTs AL MA’ARIF BRUDU SUMOBITO JOMBANG. In 1st Conference on Research and Community Service 2019 (pp. 1-8). STKIP PGRI Jombang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.