ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA BERDASARKAN JENIS KELAMIN

Aris Wulandari, Faridatul Masruroh, Nurwiani Nurwiani

Abstract


 

Kurangnya   pemahaman   mahasiswa   terhadap   konsep-konsep   yang   diberikan   serta   mahasiswa   masih mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi apa yang diketahui dan apa yang akan dibuktikan. Penelitian ini  bertujuan  untuk  menganalisis  pemahaman  mahasiswa  dalam  matakuliah  aljabar linier.  Metodologi  penelitian yang digunakan  menggunakan  menggunakan  metode penelitian  deskriptif kualitatif.   Subjek   penelitian   yang   digunakan   dalam   penelitian   ini   berjumlah   30   responden.   Teknik pengumpulan   data   menggunakan   studi   kepustakaan,   dokumentasi   dan   wawancara.   Hasil   penelitian kemampuan   pemahaman   matematis   dari   dua   indikotor   penelitian   yaitu   kemampuan   pemahaman konseptual dan kemampuan pemahaman fungsional, sebagian besar mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam   menyelesaikan   soal   pemahaman.   Sebanyak   77%   dari   sampel   penelitian   belum   paham   cara menyelesaikan  soal.  Berdasarkan  data  tersebut  maka  dapat  disimpulkan  bahwa  mahasiswa  belum  dapat mengoptimalkan seluruh kemampuan terutama kemampuan pemahaman matematisnya dalam mengerjakan soal  aljabar linier  sehingga  cenderung  menyerah  dalam  mengerjakan  soal  ketika  mengalami  kesulitan. Sebanyak 23% sampel sudah mengerti cara menyelesaikan namun masih beberapa yang kurang tepat dalam langkah   penyelesaiannya.   Hal   ini   disebabkan   oleh   beberapa   faktor,   salah   satunya   adalah   lemahnya pemahaman  dalam  menentukan definisi  dan  sifat-sifatmya dari ruang vektor.


Keywords


Pemahaman, Mahasiswa, Jenis Kelamin

Full Text:

PDF

References


Hendriana, Heris dkk. (2017). Hard Skills and Soft Skills. Bandung: Aditama.

Mulyati. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematis Siswa SMA Melalui Strategi Preview-Question-Read- Reflect-Recite-Review. Jurnal Analisa Vol. 2 No. 3.

Sagala, Syaiful. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sujana, Nana.2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Syarifah, Lely Lailatus. 2017. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SMA II. JPPM Vol, 10 No.2

Wanti, Nopia dkk. 2017. Pembelajaran Induktif Pada Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa. Jurnal Analisa Vol. 3 No. 1.

Lestari, Witri. 2017. Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa Vol. 3 No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.