THE IMPLEMENTATION OF GOOGLE CLASSROOM AS LISTENING E-ASSESMENT ON EFL STUDENTS' CRITICAL LISTENING SUBJECT

Ninna Isnainiyah, Wardani Dwi Wihastyanang

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dan tanggapan siswa terhadap penerapan Google Classroom sebagai tugas elektronik pembelajaran mendengarkan. Penggunaan Google Classroom adalah salah satu dampak dari Covid-19 bahwa semua kegiatan pembelajaran menerapkan kelas online.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang fokus pada analisis isi. Subjek penelitian ini adalah 38 siswa pada mata kuliah Critical Listening 2018-A dari STKIP PGRI Jombang. Skor siswa dan mengadaptasi dari kuesioner Shaharanee et.al (2016) sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua faktor secara signifikan efektif dalam hal niat perilaku dan penggunaan Google Classroom yang sebenarnya. Penekanan ditempatkan pada keakraban dalam kegunaan dan kemudahan penggunaan sebagai fitur penting dari Google Classroom. Karenanya, Google Classroom dapat digunakan sebagai alat pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan peserta didik. Karenanya dampak positif dari penggunaan Google Classroom untuk para pembelajar membuktikan manfaatnya. Akhirnya, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengumpulkan data dari kelas / mata pelajaran lain untuk meningkatkan generalisasi hasil.

 


Keywords


Google Classroom, Learning media, e-Assessment,

Full Text:

PDF

References


Ary, D. (2010). Introduction to Research in Education (8 th Edition ed.). USA: Wadsworth, Cengage Learning.

Brown, Douglas, (2004) Language Assessment: Principles and Classroom Practices. New York: Pearson Education.

Catherine E. Burns, Ardys M. Dunn, Margaret A. Brady, Nancy Barber Starr, Catherine G. Blosser. (2009) Pediatric Primary Café Fift Edition, United States of America: Library of Cingress Cataloging.

Dennis, A., Mary, H., (2013), Science and Technology Creativity, Innovation and Problem Solving Second Edition United Kingdom: Rowman & Littlefield Education.

Eastin, M. S., & LaRose, R. (2000). Internet self-efficacy and the psychology of the digital divide. Journal of Computer-Mediated Communication, v6 n1 Sep 2000.

Iftakhar, S. (2016). Google Classroom: What Works and How?, Journal of Education and Social Sciences, Vol. 3, , 7.

Rabbi, Fazle, M., M., Zakaria AKM., Tonmoy M., M., (2018) Teaching Listening Skill through Google Classroom: A Study at Tertiary Level in Bangladesh (Online); (://www.researchgate.net/publication/324561428)

Shaharanee, I. N., Jamil , J. M., & Rod, S. S. (2016). Google Classroom As a Tool

For Active Learning. AIP Conference Proceedings.Tarigan, D. (1986). Keterampilan Menyimak Modul 4-6. Jakarta : Karunika

Wijaya, A. (2016). Anlysis of Factors Affecting the Use of Google Classroom to

Support Lecturers. The 5th ICIBA 2016, International Conference on


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.