stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
DESKRIPSI KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINIER DUA VARIABEL | Ainiyah | Prosiding Conference on Research and Community Services

DESKRIPSI KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINIER DUA VARIABEL

Siti Marwatin Ainiyah

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa MA Al-Kautsar dalam menyelesaikan soal system pertidaksamaan linier dua variabel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Al-Kautsar dengan 1 orang subjek yakni siswa yang memiliki nilai matematika sesuai dibawah KKM. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dibantu dengan tes soal matematika dan wawancara yang didesain agar sesuai dengan indikator. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa: kemampuan subjek melakukan dua kali penugasan dengan soal yang sama. kemampuan siswa MA Al-Kautsar dalam menyelesaikan soal system pertidaksamaan linier dua variabel lebih memahami dengan menggunakan teori polya yaitu a) Memahami Masalah Subjek memisahkan informasi pada soal, menjadi hal-hal apa yang diketahui b) Membuat Rencana Pemecahan Masalah Subjek menggunakan penyederhanaan tabel untuk mendapatkan model matematika c) Melaksanakan Rencana Subjek menuliskan model matematika dari tabel yang dibuat d) Memeriksa Kembali Jawaban Subjek yang diperoleh dengan menggambar grafik yang sesuai agar mudah dalam menentukan daerah himpunan penyelesaian


Keywords


kemampuan siswa, system pertidaksamaan linier dua variabel, tahapan polyan

Full Text:

PDF

References


. Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standart Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.

. Lestari, A. S., Aripin, U.,& Hendrian, H. (2018). Identfikasi Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Penalaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Analisis Kesalahan Newman.(online).(http://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=identfikasi+kesalahan+siswa+smp+dalam+menyelesaikan+soal+kemampuan+penalaran+matematika+pada+materi+bangun+ruang+sisi+datar+dengan+analisis+kesalahan+newman&btng=), diunduh 3 April 2020

. Linola, D.M., Marsitin, R & Wulandari, T.C. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Di SMAN 6 Malang. (online), (http://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=analisis+kemampuan+penalaran+matematis+peserta+didik+dalam+menyelesaikan+soal+cerita+di+sman+6+malang&btng=). diunduh 3 April 2020

. NCTM. (2000). Principles and Standart for School Mathematics. (online). (https://ardiyansyahmuhlis.blogspot.com/2015/11/nctm-standard-2000.html), diunduh 13 Desember 2019.

. Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Buni Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol