ANALISIS GERAK DASAR MOTORIK PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI BAKALAN KEC. GONDANG KAB. MOJOKERTO

Arsika Yunarta

Abstract


Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan merupakan peranan yang sangat penting dalam perkembangan siswa sejak usia dini hingga pada usia dewasa, karena pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan mampu mengembangkan dari berbagai aspek kognitif, afektif  serta psikomotor dalam diri siswa. Perkembangan dari masing-masing aspek pendidikan tidak lepas dari suatu kegiatan belajar mengajar.Pada penelitian ini tujuannya adalah menganalisis gerak dasar motorik kelas IV SDN Bakalan Kec. Gondang Kab. Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif kuantitatif, dengan pengambilan data survey menggunakan tes dan wawancara. Adapun intrumen penelitian ini menggunakan tes motor ability dan wawancara terstruktur.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bakalan Kec. Gondang Kab. Mojokerto terdiri atas 19 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pada hasil penelitian ini rata-rata gerak dasar motorik adalah 196,86, sedangkan nilai rata-rata wawancara terstruktur adalah 99,63. Kemudian diinterprestasikan bahwa gerak dasar motorik peserta didik kelas IV SDN Bakalan Kec. Gondang Kab. Mojokerto adalah 1 peserta didik (5%) kategori baik sekali, sebesar 8 peserta didik (42%) kategori baik, 5 peserta didik (26 %) kategori sedang , 2 peserta didik (11%) kategori kurang, 3 peserta didik (16%) kurang sekali. Jadi dapat disimpulkan bahwa gerak dasar motorik peserta didik kelas IV SDN Bakalan Kec. Gondang Kab. Mojokerto termasuk dalam kategori “baik”.


Keywords


Gerak dasar, motorik

Full Text:

PDF

References


. Bakhtiar, S. (2015). Merancang pembelajaran gerak dasar anak. In Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. http://repository.unp.ac.id/65

. Ditjen Pendidikan. (2008). PengembanganKemampuan Motorik Kasar di TK Direktorat Pembinaan TK dan SD, Ditjen MPDM, Depdiknas.

. Humaedi. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Outbound pada Pendidikan Jasmani dalam Meningkatkan Kesegaran Jasmani Siswa, Universitas Tadulako Indonesia. 9(1), 45–51. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/3011

. Masyhuri. (2009). Metodologi Penelitian, PT Refika Aditama Bandung. https://doi.org/10.1145/2505515.2507827

. Priansa. (2017). Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Alfabeta BandungPriansa. (2017). Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Alfabeta Bandung. In International Conference on Information and Knowledge Management,. In International Conference on Information and Knowledge Management, Proceedings. https://doi.org/10.1145/2505515.2507827

. Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme. https://doi.org/10.1145/2505515.2507827

. Sugiono. (2016). Metodelogi Penelitian Pendidikan, Alfabeta CV Bandung. https://doi.org/10.1145/2505515.2507827

. Ulrich, D., & Sanford, C. (2000). Test of gross motor development: Examiner’s manual. In Research quarterly for exercise and sport (Vol. 71, Issue 2 Suppl, pp. S59-73).

. Umar. (2005). Pengantar Pendidikan, PT Rineka Cipta Jakarta

. Nurhasan. (2000). Tes dan Pengukuran Pendidikan Olahraga: Universitas Pendidikan Indonesia

. Sutisna, Nana. (2017). Perkembangan Motorik Pengantar Teori dan Implikasinya dalam Belajar:Alfabeta,cv Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.