PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK GEOMETER’S SKETCHPAD

Khusnul Afifah, Safiil Maarif

Abstract


Berdasarkan hasil observasi dan wawancara antara peneliti dengan guru mata pelajaran matematika kelas VIII A di MTs Nurul Iman Dempok dijumpai aktivitas belajar siswa yang belum optimal. Sehingga perlu adanya perubahan dalam metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar matematika melalui penerapan media pembelajaran elektronik Geometer’s Sketchpad. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A di MTs Nurul Iman Dempok dengan jumlah 19 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran pada siklus I sebesar 57,89% meningkat menjadi 81,57% pada siklus II. Disimpulkan bahwa media pembelajaran elektronik Geometer’s Sketchpad dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII A di MTs Nurul Iman Dempok


Keywords


Peningkatan, Aktivitas Belajar, Penerapan, Geometer’s Sketchpad

Full Text:

PDF

References


. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Repulik Indonesia Nomor 58 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs.

. Djamarah, S.B. & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

. Syamsuduha, D. (2011). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Program Geometer’s Sketchpad Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP. Yogyakarta: Universitas Yogyakarta. Dari Google Scholar, (Online), (https://scholar.google.com), diunduh 10 November 2018

. Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

. Wena, M. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara

. Istikomah, E. & Mohamad, N.S. (2013). Kesan Penggunaan Perisian Geometer’s Sketchpad ke Atas Kefahaman Konsep Matematik Pelajar. Jurnal Pendidikan Matematik, (Online), 1 (2), 1-13, (https://scholar.google.com), diakses 13 November 2018

. Reynolds, BE. & Fenton, WE. (2011). College Geometry Using the Geometer’s Sketchpad. America: United States of America

. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

. Purwanto, N. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosdakarya

. Irfianti, Rizki dan Safiil Maarif. 2019. Penerapan Media Software Autograph dalam Pembelajaran Matematika. Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika vol.7 no.2. STKIP PGRI Jombang.

.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.