PENYADARAN MASYARAKAT DENGAN SUNGAI PELAYARAN MEMANGGIL

M Adhi Prasnowo, Veronika Nugraheni Sri Lestari, . Nurmawati, Faisol Choiruddin

Abstract


Universitas  Maarif Hasyim Latif (UMAHA)  Sidoarjo mengemban tugas   Tri   Dharma   Perguruan   Tinggi   yang   meliputi   kegiatan   pendidikan   dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat oleh karena itu Tujuan pelaksanaan kegiatan penyadaran masyarakat dengan sungai pelayaran memanggil adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya manfaat sungai dan upaya untuk menjaga fungsi dan kebersihan sungai. Peran serta masyarakat menjadi poin penting dalam kerberhasilan pelaksanaan kegiatan sehingga metode yang digunakan banyak melibatkan peran aktif masyarakat itu sendiri dengan teknis metode berupa : pembersihan sungai pelayaran, open sharing session dengan pecinta alam, sosialisasi ke sekolah-sekolah dan  sosialsisasi ke warga bantaran sungai. Dari kegiatan yang telah dilaksanakan masyarakat memiliki pemahaman terhadap pentingnya sungai dan menyiapkan generasi muda untuk menjadi penggerak kesadaran sungai. Sehingga Kegiatan pengabdian seperti ini dapat dilakukan secara rutin baik di lokasi yang sama maupun di lokasi yang berbeda dengan sasaran masyarakat sepanjang 21 KM sungai pelayaran dan menjadikan gerakan masyarakat. 

Keywords


Sungai Pelayaran Memanggil , Sungai, Bersih Sungai, Pengabdian Masyarakat.

Full Text:

PDF

References


N. Yulida, A. Suwarni, and S. Sarto, “Perilaku masyarakat dalam membuang sampah di aliran sungai batang bakarek-karek Kota Padang Panjang Sumatera Barat,” Ber. Kedokt. Masy., vol. 32, no. 10, pp. 373–378, 2016.

N. R. Sulistiyorini, R. S. Darwis, and A. S. Gutama, “Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah di lingkungan Margaluyu Kelurahan Cicurug,” SHARE Soc. Work J., vol. 5, no. 1, 2015.

H. Budiyanto, “Determinan Implementasi Program Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat,” J. Unpad, 2010.

R. Maritsa, “Analisis Faktor-faktor yang berhubung-an dengan perilaku masyarakat membuang sam-pah di sungai Mranggen,” J. Univ. Negeri Semarang. Semarang, 2009.

D. N. Rifani and A. M. Jalaluddin, “PENGELOLAAN SAMPAH SECARA BERSAMA: PERAN PEMERINTAH DAN KESADARAN MASYARAKAT,” J. Paradig., vol. 7, no. 1, pp. 45–54, 2019.

R. M. Imam, F. Hariyadi, and I. Choirotin, “Sadar Pilah Sampah Dengan Konsep 4R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace) Di Desa Gedongarum, Kanor, Bojonegoro,” J. Inov. Has. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 81–87, 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.