REBAHAN (REMAJA BERAKTIVITAS HADAPI PANDEMI) PRODUKTIF

Brivian Florentis Yustanta, Dian Purmitasari

Abstract


Pemerintah sudah mulai menerapkan adaptasi kebiasaan baru (new normal) di masa pandemi Covid-19. Secara alamiah, remaja memiliki kecenderungan untuk lebih tertarik berinteraksi kepada teman sebaya (peer group). Jika remaja sering beraktivitas di luar rumah tanpa menerapkan protokol kesehatan, saat di rumah bisa menularkan kepada orang yang rentan yang ada didalam rumah tersebut. Di masa pandemi ini remaja diharuskan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, hal tersebut membuat remaja menjadi kurang produktif dan hanya bermalas-malasan saja. Kegiatan pengabdian ini diselenggarakan secara daring pada tanggal 25 - 26 Juli 2020 dengan melibatkan 3 narasumber dengan topik: kiat aktif remaja menghadapi pandemi, kesehatan reproduksi pada remaja saat pandemi dan peran pemuda dalam ketahanan pangan saat pandemi. Populasi dalam kegiatan ini adalah semua peserta yang mengikuti kegiatan ini via Zoom atau Youtube Live. Jumlah peserta kegiatan pengabdian sejumlah 228, dimana 43 peserta mengikuti via Zoom dan 185 peserta mengikuti via Youtube Live. Teknik sampling menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan besar sampel 202 peserta. Hasil pengabdian didapatkan bahwa mayoritas peserta berusia 15 – 24 tahun sejumlah 141 peserta (69,8%), berjenis kelamin perempuan sejumlah 145 peserta (71,8%), pelajar SMA sejumlah 145 peserta (71,8%), berasal dari Jawa Timur sejumlah 158 peserta (78,2%), mengikuti kegiatan melalui media Youtube Live sejumlah 160 peserta (79,2%), dan tingkat pengetahuan peserta setelah mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah baik sejumlah 187 peserta (92,6%). Dengan diadakannya kegiatan REBAHAN (Remaja Beraktivitas Hadapi Pandemi) PRODUKTIF dapat memberikan wawasan kepada remaja agar tetap bisa produktif meskipun aktivitas diluar rumah dibatasi, remaja dapat berdiskusi tentang kiat aktif pada saat pandemi, menjaga kesehatan reproduksi pada saat pandemi, dan menjaga ketahanan pangan pada saat pandemi.

Keywords


Remaja, Pandemi, Produktif

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan RI, 2020, Info Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan RI, https://infeksiemerging.kemkes.go.id Diakses pada tanggal : 19 Agustus 2020.

CDC, 2020, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit : Jenis Human Coronavirus. https://www.cdc.gov/coronavirus/types.html Diakses pada tanggal : 19 Agustus 2020.

Kementrian Kesehatan RI, Protokol New Normal untuk Cegah Penularan Corona COVID-19, https://tirto.id/protokol-new-normalkemenkes-untuk-cegah-penularan-corona-covid-19-fCR Diakses pada tanggal: 20 Agustus 2020.

Willis, S Sofyan., 2015, Remaja dan Masalahnya, Alfabeta, Bandung.

HIMPSI Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia, 2020, Bunda WFH, Anak SFH: Tips bekerjasama dengan anak ketika sama-sama bekerja dan belajar di rumah, Diakses pada tanggal: 22 Agustus 2020.

Normadewi, Berliana., 2012, Analisis Pengaruh Jenis Kelamin Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa, Universitas Diponegoro Semarang, http://eprints.undip.ac.id/35773/1/NORMADEWI.pdf Diakses pada tanggal: 23 Agustus 2020.

Stillman, D., John Stillman, 2018, Generasi Z: Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.