PENGUATAN FUNGSI OPERASIONAL UD. BATIK “LESTARI ARTS” DALAM USAHA MENINGKATKAN OPTIMASI PROSES PRODUKSI

Muslichah Erma Widiana, Nova Retnowati, Agus Slamet, Tri Sagirani

Abstract


Batik telah ditetapkan UNESCO  sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi. Kota Tuban merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang menghasilkan produk unggulan berupa batik gedog. Melalui Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) ingin dilakukan sebuah program pemberdayaan pengrajin batik gedog di Tuban. Program ini memberikan alternatif solusi berupa penguatan fungsi operasional pada UD. Batik “Lestari Arts”. Program penguatan fungsi operasional yang dilakukan berfokus pada tiga hal utama yaitu peningkatan kemampuan sumberdaya manusia, perbaikan fungsi manajemen operasional keuangan dan pajak melalui penyusunan standar operasional prosedur dan yang terakhir analisis dan mitigasi resiko, Dengan dilaksanakannya program ini diharapkan UD. Batik “Lestari Arts” mampu meningkatkan kapasitas dan optimasi proses produksi batik tulis berbahan dari primis maupun tenun gedog

Keywords


batik, tenun gedog; pengembangan produk unggulan daerah

Full Text:

PDF

References


. Profil Tuban, https://tubankab.go.id Diakses pada 27 Juni 2020

. Badan Pusat Statistik Kabupaten Tuban. (2019). Statistik Daerah Kabupaten Tuban Tahun 2019.

. Karsam. (2014). Pelestarian dan Ekspansi Pasar Batik Tulis Gedhog Tuban di Era Globalisasi. Jurnal Budaya Nusantara. Vol. 1 No. 1, Juni 2014.

. Arum Restu Widyasti, Astuti Lestari, Khoirul Amri, Fakhrizal Naufal, dan K. S. B. (2008). Pengembangan Standarisasi Pewarna Alami Batik dari Kulit Kayu Secang (Caesalpinia Sappan L.) dengan Teknik Spektroskopi. Animal Genetics, 39(5), 561–563.

. Nasution, Syarifuddin. (2014). Identifikasi dan Evaluasi Risiko Menggunakan Fuzzy FMEA Pada Rantai Pasok Agroindustri Udang. Jurnal Riset Industri. Vol.8, No.2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.