PELATIHAN PENGOLAHAN LIMBAH DENGAN PROSES DESIGN THINKING PADA DESA MUNGGUGIANTI, KECAMATAN BENJENG, KABUPATEN GRESIK

Wendra Hartono, Anastasia Filiana Ismawati

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu kegiatan tridarma perguruan tinggi oleh seorang dosen yang bertujuan untuk memberikan pelatihan dan mendukung perubahan perkembangan suatu komunitas untuk menjadi lebih baik. Pada desa Munggugianti, terdapat banyak sekali limbah rumah tangga seperti kain perca, botol minuman plastik dan lain sebagainya yang tidak terpakai. Sangatlah disayangkan jika terdapat sumber daya, produk limbah, secara percuma tidak dimanfaatkan secara baik. Tujuan kegiatan ini adalah melatih para peserta dalam memanfaatkan limbah rumah tangga yang sudah tidak terpakai lagi untuk diubah menjadi suatu barang kreasi yang dapat memiliki daya guna dan purna jual yang tinggi. Metode yang digunakan adalah memberikan pelatihan secara daring dan tatap muka dengan menjalankan proses design thinking. Proses design thinking meliputi emphaty, define, ideate, prototype, dan test. Jumlah peserta dalam penelitian ini adalah 11 orang, yang terdiri dari 9 orang wanita dan 2 orang pria. Hasil pelatihan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah menghasilkan produk tas yang terbuat dari kain perca yang dapat dijual kepada masyarakat umum dengan media daring maupun tatap muka.

Keywords


limbah rumah tangga, pengabdian masyarakat, design thinking

Full Text:

PDF

References


. Buhani. (2018). Pengolahan Sampah Rumah Tangga Berbasis Partisipasi Aktif dari Masyarakat Melalui Penerapan Metode 4P untuk Menghasilkan Kompos. Sakai Sambayan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. 2, No. 1.

. J.P.A. von Thienen, et al. (2017).Theoretical Foundations of Design Thinking Part I: John E. Arnold’s Creative Thinking Theories.

. Kusmaniah, Imah Luluk. Penyuluhan 4R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace) dan Kegunaan Bank Sampah Sebagai Langkah Menciptakan Lingkungan yang bersih dan Ekonomis di Desa Mojowuku kabupaten Gresik

. Qomariah, Nurul. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pengembangan “Soft Sklill Pembuatan Krupuk Samiler” dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS. Vol 1, No. 2.

. Undang-Undang Pengelolaan Sampah No. 18 Tahun 2008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.