PENINGKATAN IMUN TUBUH DENGAN MINUMAN DETOKS INFUSED WATER DI DESA KEMANGSEN KECAMATAN BALONGBENDO KABUPATEN SIDOARJO

Acivrida Mega Charisma, Farida Anwari, Fifin Aristian

Abstract


Praktik Pembangunan kesehatan masyarakat (PKKM) adalah kegiatan pelayanan pada masyarakat yang pelaksanaannya berdasarkan sistem pelayanan kesehatan mengenai pemberian minuman detoks infused water yang dilaksanakan di Desa Kemangsen dengan memberi edukasi untuk mengubah perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada masyarakat setempat. Menurut informasi dari bapak kepala desa mengatakan minimnya wawasan serta kesadaran warga yang masih kurang dalam penggunaan vitamin c. Maka dari itu,  kami akan melaksanakan kegiatan yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang minuman detoks infused water untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Minuman detoks infused water merupakan minuman yang terdiri dari air putih dengan ditambahkan buah-buahan segar dan dilakukan perendaman atau pendiaman secara bersama-sama dalam waktu tertentu. Tujuan dari kegiatan PPKM adalah untuk  meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemauan hidup sehat bagi setiap masyarakat. Kegiatan tersebut bertempat di RT 04 dan RT 05 Ds. Kemangsen Kec. Balongbendo Kab. Sidoarjo yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juli sampai dengan 7 Agustus 2020. Metode pelaksanaan dilakukan secara door to door ke rumah warga dan memberikan video/edukasi serta mengisi kuisioner untuk mengetahui tingkat pengetahuan warga tentang minuman detoks infused water. Hasil yang didapat dalam pelaksanaan kegiatan adalah menyampaikan sosialisasi mengenai pengertian  minuman detoks infused water dan manfaat minuman detoks infused water kepada masyarakat. Kuesioner dibagikan ke masyarakat sebelum penyuluhan dengan hasil 30% tidak mengetahui pengertian dan manfaat dari minuman detoks infused water dan setelah kegiatan 100% mengetahui pengertian dan manfaat dari minuman detoks infused water. Dengan adanya kegiatan penyuluhan mengenai minuman detoks infused water, diharapkan seluruh masyarakat mampu menjaga sistem imun dengan baik

Keywords


Praktik Pembangunan Kesehatan Masyarakat (PPKM), PHBS, Minuman Detoks Infused Water, Door to Door

Full Text:

PDF

References


. Depkes RI. 2010. Rumah Tangga Sehat Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta : Kemenkes.

. Harifah, I., A. Mustofa., Suhartatik. N. 2015. Aktivitas Antioksidan Infused Water dengan Variasi Jenis Jeruk (Nipis dan Lemon) dan Buah Tambahan (Stroberi, Anggur Hitam, dan Kiwi). Jurnal Teknologi dan Industri Pangan 1 (1): 54-58.

. Notoadmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta.

. Sulianta, F. 2006. Keajaiban Air dan Buah jadi satu: infused water. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Conference on Research and Community Services



 

 

 

 

 

 

Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M)

Jl. Pattimura III/20, Jombang, East Java, Indonesia

Currently, Prosiding Conference on Research and Community Services is indexed by:

     
     
     
     
     
     

Dedicated to:

 

 

Published by STKIP PGRI Jombang || http://p3m.stkipjb.ac.id
Creative Commons License
Prosiding Conference on Research and Community Services)  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.